Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang / M Nafik Ul Akbar - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang / M Nafik Ul Akbar

Akbar, M Nafik Ul (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang / M Nafik Ul Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) hasil belajar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang diketahui bahwa dalam pembelajaran Matematika hasil belajar siswa rendah guru hanya menggunakan metode ceramah tanya jawab dan pemberian tugas. Ditunjukkan dari nilai hasil belajar siswa sebelum tindakan (pra siklus) yaitu siswa yang tuntas belajar sebanyak 17 siswa dari 45 siswa skor rata-rata kelas sebesar 62 35 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 37 8% (SKM 70). Tujuan penelitian ini Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang. Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus satu siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Alokasi waktu selama 2 jam pelajaran setiap pertemuan setiap jam pelajaran berdurasi 35 menit. Tindakan yang dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). langkah-langkah pembelajarannya adalah kegiatan. Pertama siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok tiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa. Setiap anggota kelompok diberi satu nomor 1-6 ( sesuai dengan anggota kelompok). Kedua guru menyampaikan pertanyaan yang berupa LKS. Ketiga berfikir bersama siswa menyatukan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan itu dan meyakinkan tiap anggota dalam timnya mengetahui jawaban itu. Keempat guru menyebut salah satu nomor 1-6 dan siswa dengan nomor yang bersangkutan yang harus menjawab.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu catatan lapangan tes tiap akhir siklus dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) melalui Penelitian Tindakan Kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan pecahan. Hal tersebut didukung oleh hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari rata-rata pada siklus I sebesar 65 78 dan menigkat menjadi 92 67 pada Siklus II. Adapun saran yang disampaikan peneliti yaitu penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) supaya terus diupayakan berguna untuk meningkatkan hasil belajar dan dapat dijadikan masukan untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item