Validasi video compact disc pembelajaran dengan judul "Tata cara sholat baik gerakan maupun bacaannya" untuk siswa sekolah dasar kelas II semester IV / Yuyun Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Validasi video compact disc pembelajaran dengan judul "Tata cara sholat baik gerakan maupun bacaannya" untuk siswa sekolah dasar kelas II semester IV / Yuyun Setyowati

Yuyun Setyowati (2009) Validasi video compact disc pembelajaran dengan judul "Tata cara sholat baik gerakan maupun bacaannya" untuk siswa sekolah dasar kelas II semester IV / Yuyun Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media VCD Pembelajaran merupakan salah satu bentuk media pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar. Media VCD Pembelajaran mampu menyajikan pesan pembelajaran yang kreatif dan inovatif bagi siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil observasi di SDN Percobaan 2 dalam pembelajaran Sholat Fardhu selama ini masih bersifat konvensional sehingga siswa kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan berbagai alternatif pemecahan masalah diantaranya pemberian stimulus penguatan dan penggunaan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk menunjang hasil belajar siswa. Peneliti membuat alternatif pemecahan masalah yaitu dengan menggunakan media VCD. Media VCD pembelajaran yang akan digunakan tidak dapat langsung dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar perlu dilakukan kegiatan validasi yaitu untuk mengetahui tingkat kelayakan media VCD dalam hal ini yang diproduksi oleh Cahaya Komunika Surabaya pada ahli media ahli materi responden siswa dan subyek uji coba dengan menggunakan siswa kelas II di SDN Percobaan 2. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media ahli materi dan responden. Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan perbedaan mean dengan uji t (t-test). Hasil validasi media VCD pembelajaran menunjukkan ahli media memperoleh kriteria valid ahli materi memperoleh kriteria valid dan audien memperoleh kriteria valid. Sedangkan uji t (t-test) perseorangan menghasilkan thitung (5 19) ttabel (4 30) kelompok kecil menghasilkan thitung (10) ttabel (2 78) kelompok klasikal menghasilkan thitung (9 8) ttabel (2 13). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa SDN Percobaan 2 antara sebelum dan sesudah menggunakan media VCD Pembelajaran dan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dengan jelas/konkrit maka dari hasil pengujian tersebut dapat dinyatakan bahwa media VCD Pembelajaran tentang Tata Cara Sholat Baik Gerakan Maupun Bacaannya layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item View Item