Analisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penerapan sistem layanan berbasis komputer di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM) / Basri Dasuki - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penerapan sistem layanan berbasis komputer di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM) / Basri Dasuki

Dasuki, Basri (2009) Analisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penerapan sistem layanan berbasis komputer di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM) / Basri Dasuki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berubahnya IKIP Malang menjadi Universitas Negeri Malang (UM) sejak tahun 1999 menyebabkan beban dan tanggung jawab UPT Perpustakaan UM untuk mendukung kebijakan universitas khususnya yang berkaitan dengan penyediaan informasi juga semakin bertambah. Mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai dengan derasnya arus informasi menuntut UPT Perpustakaan UM untuk terus eksis memberikan pelayanan yang berkualitas dan profesional. Salah satu bentuk sistem pelayanan yang ditawarkan dalam upaya pemberian kepuasan kepada segenap mahasiswa adalah diterapkannya sistem layanan berbasis komputer. Walaupun penerapan sistem tersebut sudah dimulai sejak tahun 2004 namun sampai sekarang masih terdapat beberapa kesenjangan-kesenjangan di antaranya (1) Tidak semua komputer tersambung dalam sistem jaringan (networking) (2) Ketidakseimbangan penyediaan jumlah komputer dan (3) Ketidakkonsistenan penerapan sistem informasi. Kesenjangan-kesenjangan yang terjadi bisa saja hanya bersifat sementara karena mungkin akan dilakukan pengembangan-pengembangan lebih lanjut secara bertahap. Namun demikian nilai efektif dari penerapan sistem tersebut perlu dikaitkan dengan kepuasan mahasiswa sebagai pengguna. Berpijak dari permasalahan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tingkat harapan mahasiswa terhadap penerapan sistem layanan berbasis komputer di UPT Perpustakaan UM (2) Mendeskripsikan tingkat kenyataaan yang dirasakan mahasiswa terhadap penerapan sistem layanan berbasis komputer di UPT Perpustakaan UM (3) Mendeskripsikan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penerapan sistem layanan berbasis komputer di UPT Perpustakaan UM dan (4) Mendeskripsikan komponen-komponen yang memberi kontribusi kepada tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penerapan sistem layanan berbasis komputer di UPT Perpustakaan UM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan survai. Sampel penelitian dipilih dengan mempertimbangkan sampel waktu sebesar 314 dari sejumlah populasi mahasiswa sebanyak 1712 orang. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner/angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat harapan mahasiswa terhadap penerapan sistem layanan berbasis komputer di UPT Perpustakaan UM berada pada kategori sedang yaitu sebesar 134 mahasiswa atau 42 68%. Tingkat kenyataan yang dirasakan mahasiswa terhadap penerapan sistem layanan berbasis komputer di UPT Perpustakaan UM juga berada pada kategori sedang yaitu sebesar 243 mahasiswa atau 77 33%. Harapan selalu bernilai positif dan jarang bernilai negatif sedangkan kenyataaan bisa bernilai positif atau negatif bergantung kepada realitasnya seberapa tinggi dapat mempengaruhi persepsi mahasiswa. Pada saat harapan dan kenyataan berada pada level positif maka tingkat kesesuaian akan memenuhi harapan mahasiswa sebaliknya pada saat harapan berada pada level positif dan kenyataan berada pada level negatif maka tingkat kesesuaian tidak akan memenuhi harapan mahasiswa terhadap penerapan sistem layanan berbasis komputer di UPT Pepustakaan UM. Sebagian besar mahasiswa (90 9%) menyatakan puas terhadap penerapan sistem layanan berbasis komputer di UPT Perpustakaan UM tetapi masih perlu dilakukan perbaikan-perbaikan sebesar 9 1% pada komponen sistem yang lain yaitu ketersediaan jumlah komputer pada layanan anjungan komputer presensi kualitas informasi dan pengambilan keputusan yang pada layanan anjungan komputer presensi dan kelancaran penggunaan komputer pada layanan komputer penyelusuran pustaka. Adapun komponen-komponen yang memberi kontribusi kepada tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penerapan sistem layanan berbasis komputer di UPT Perpustakaan UM dapat dijelaskan ke dalam 16 komponen yang dikelompokkan berdasarkan sistem atau jenis layanannya. Pada sistem layanan komputer sirkulasi teridentifikasi empat komponen yang perlu diperhatikan dalam memberikan kepuasan kepada mahasiswa yaitu (1) Ketersediaan perangkat keras (hardware) (2) Penyajian kualitas informasi (3) Kinerja pustakawan dan (4) Perlengkapan penunjang akivitas kerja. Selanjutnya pada sistem layanan komputer penyelusuran pustaka teridentifikasi lima komponen yang perlu diperhatikan dalam memberikan kepuasan kepada mahasiswa yaitu (1) Penggunaan perangkat keras (hardware) dan dukungannya terhadap sistem jaringan (networking) (2) Disain dan efektifitas penggunaan perangkat lunak (software) (3) Penyajian kualitas informasi (4) penggunaan operating system dan dukungannya terhadap sistem jaringan (Networking) dan (5) Ketersediaan keybord. Sedangkan pada sistem layanan anjungan komputer presensi ditemukan enam komponen yang dianggap memberi kontribusi kepada kepuasan mahasiswa yaitu (1) Penyajian kualitas informasi (2) Disain tampilan perangkat lunak (software) (3) Penggunaan teknologi perangkat keras (hardware) dan dukungannya terhadap sistem jaringan (networking) (4) Ketersediaan perangkat input (5) Penggunaan perangkat lunak (software) dan (6) Penggunaan operating system serta dukungannya terhadap seting jaringan (networking). Atas dasar temuan hasil penelitian tersebut penulis mengusulkan agar prestasi yang dicapai oleh UPT Perpustakaan UM perlu dilakukan peningkatan-peningkatan melalui program pengembangan perpustakaan lebih lanjut mengingat masih terdapat 9 1% komponen dari penerapan sistem layanan tersebut masih belum memenuhi harapan mahasiswa. Bagi Universitas Negeri Malang disarankan agar dilakukan sosialiasi menyeluruh kepada calon mahasiswa mengenai keunggulan yang dimiliki oleh Universitas Negeri Malang sehingga mahasiswa tersebut tidak salah meletakkan persepsinya kepada Universitas Negeri Malang sebagai universitas yang prospektif. Dalam hal ini sosialisasi dilakukan apa adanya tanpa adanya manipulasi karena hal ini akan mengantarkan harapan mahasiswa pada tingkat yang realitas. Terhadap peneliti lain selanjutnya peneliti merekomendasikan agar dilakukan verivikasi lebih lanjut terkait dengan temuan beberapa faktor yang telah teridentifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3199

Actions (login required)

View Item View Item