Wahyuni, Eka Sri (2009) Penerapan manajemen kurikulum di sekolah alam: studi kasus di MTs Surya Buana Malang / Eka Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyuni Sri Eka. 2009. Penerapan manajemen kurikulum di Sekolah Alam Studi kasus di MTs Surya Buana Malang. Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd. (2) Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. kata kunci manajemen kurikulum sekolah alam madrasah tsanawiyah Kurikulum merupakan bagian penting dari lembaga pedidikan atau sekolah karena kurikulum merupakan sejumlah program pedidikan yang disajikan kepada peserta didik dalam waktu pada masing-masing jenjang pendidikan yang keberhasilannya banyak ditetukan oleh penerapanya di sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pengelolahan manajemen kurikulum yaitu bagaimana perencanaan kurikulum pelaksanaan kurikulum evaluasi kurikulum dan faktor-faktor pendukung dari pelaksanaan manajeme kurikulum di sekolah Alam MTs Surya Buana Malang. Penelitia ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan tiga cara yaitu (1) wawancara mendalam (2) observasi berperan serta (3) dokumentasi. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur (a) reduksi data (b) penyajian data (c) penarikan kesimpulan. Agar memperoleh keabsahan data dilakukan dengan empat kriteria (1) kredibilitas (2) trasnferbilitas (3) dependenitas (4) konfermabilitas. Dari hasil paparan data di lapangan ditemukan sebagai berikut pertama perecanaan kurikulum di sekolah alam tersebut berjalan dengan optimal dengan program perencanaan yang meliputi program tahunan program simester program jangka panjang dan menengah pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kedua pelaksanaan manajemen kurikulum di sekolah Alam MTs Surya Buana Malam berjalan dengan optimal dengan kegiatan kepala sekolah bersama personilnya dalam mengembangkan iklim organisasi yang kondusif sehingga motivas personil sekolah dalam hubungan sosial untuk menciptakan kerja yang tinggi bagi terlaksananya penerapan manajemen kurikulum yang diimpementasikan dalam kegiatan pembelajaran yang menyenangkan mengasikkan sekaligus mencerdaskan dapat dilaksanakan. Ketiga evaluasi kurikulum di Sekolah Alam MTs Surya Buana Malang berjalan dengan optimal yakni terlaksananya kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam setiap pembelajaran pengayaan pada siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar remidi pada siswa yang belum tuntas pelaksanaan raport bulanan dan try out serta buku daftar perilaku siswa. Selain itu keberhasilan evaluasi manajemen kurikulum di Sekolah Alam MTs Surya Buana Malang juga dapat dilihat dari prestasi siswa dan kelulusan yang dicapai 100% dan terserapnya beberapa siswa di Sekolah Insan Cendikia Serpong tanpa tes. Keempat faktor-faktor penunjang dalam pelaksanaan manajemen kurikulum di Sekolah Alam MTs Surya Buana Malang yaitu (1) tingginya semangat guru-guru di sekolah ini untuk menghasilkan lulusan-lulusan terbaik (2) kreativitas guru-guru untuk menciptakan pembelajarn yang menyenangkan mengasikkan serta mencerdaskan melalui berbagai penelitian dan seminar-seminar pendidikan serta workshop disetiap akhir semister (3) tingkat partisipasi wali murid untuk bekerja sama dengan sekolah dalam meningkatkan semangat peserta didik dan sarana pembelajaran. Adapun saran berdasarkan temuan-temuan penelitian ini adalah (1) bagi sekolah agar lebih meningkatkan lagi kreativitas dan kemandirian untuk melaksanakan manajemen kurikulum dan menemukan metode-metode baru dalam rangka penerapan manajemen kurikulum ke arah yang lebih baik. (2) bagi Jurusan Administrasi Pendidikan agar mengembangkan dan memantapkan program-pogram dalam rangka memperoleh keahlian tentang penerapan manajemen kurikulum melalui penatara pelatihan dan pendidikan. (3) bagi Dinas pendidikan agar lebih aktiv lagi peranannya dalam kegiatan manajemen kurikulum di sekolah-sekolah dalam rangka menciptakan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat. (4) peneliti lain agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan manajemen kurikulum di Sekolah Alam lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk menemukan metode-metode tentang perencanaan pelaksanaan evaluasi serta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dari pelaksanaan manajemen kurikulum di Sekolah Alam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3198 |
Actions (login required)
View Item |