Pengaruh motivasi dan persepsi kualitas layanan terhadap proses pembelian (studi pada pelanggan LOW Aesthetic Clinic Cabang Sawojajar Kota Malang) / Umi Tri Mulyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi dan persepsi kualitas layanan terhadap proses pembelian (studi pada pelanggan LOW Aesthetic Clinic Cabang Sawojajar Kota Malang) / Umi Tri Mulyani

Mulyani, Umi Tri (2017) Pengaruh motivasi dan persepsi kualitas layanan terhadap proses pembelian (studi pada pelanggan LOW Aesthetic Clinic Cabang Sawojajar Kota Malang) / Umi Tri Mulyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mulyani U.T 2017. Pengaruh Motivasi dan Persepsi Kualitas Layanan Terhadap Proses Pembelian (Studi Pada Pelanggan GLOW Aesthetic Clinic Cabang Sawojajar Kota Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agus Hermawan M.Si GrandDip MGT. M.Bus (2) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci motivasi kualitas layanan proses pembelian Pesatnya perkembangan jaman dan semakin meningkatnya kebutuhan manusia dalam bidang fashion telah merubah gaya hidup masyarakat. Seiring meningkatnya kebutuhan dan demi terpenuhinya gaya hidup masyarakat dalam bidang fashion masyarakat membutuhkan berbagai layanan jasa yang dapat memberikan kepuasan tersendiri. Sejalan dengan ketatnya persaingan perusahaan perlu melakukan berbagai strategi pemasaran yang tepat untuk menghadapi persaingan salah satunya yaitu pembentukan motivasi dan persepsi kualitas layanan dalam melakukan proses pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi motivasi kualitas layanan dan proses pembelian (2) Pengaruh motivasi dan kualitas layanan secara parsial dan simultan terhadap proses pembelian jasa pada pelanggan GLOW Aesthetic Clinic Cabang Sawojajar kota Malang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan explanatory. Variabel independen dalam penelitian ini adalah motivasi (X1) dan kualitas layanan (X2) sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah proses pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen GLOW Aesthetic Clinic Cabang Sawojajar kota Malang sebanyak 60 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sebesar 55 responden. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 opsi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas pada konsumen Naavagreen. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana. Sebelum dilakukan analisis regresi sederhana dilakukan uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas (2) Uji multikolinieritas (3) Uji heteroskedastisitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Motivasi diklasifikasikan baik (2) Kualitas layanan diklasifikasikan baik (3) Proses pembelian diklasifikasikan baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik yang menyebar disekitar garis diagonal pada gambar grafik P-P Plot of Regressions Standardized Residual (2) Model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas yang terlihat pada nilai VIF 10 dan mempunyai angka Tolerance 0 10 (3) Model regresi tidak terjadi masalah heteroskedastisitas terlihat pada grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola dan menyebar secara acak di atas dan di bawah 0 pada sumbu Y. Kesimpulan penelitian ini (1) Motivasi yang dimiliki konsumen dalam melakukan pembelian terjadi atas dorongan yang diberikan pemasar untuk menggerakan konsumen dalam melakukan proses pembelian. Dengan adanya layanan-layanan yang diberikan pemasar seperti kebutuhan fisiologis kebutuhan keselamatan dan keamanan kebutuhan sosial kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri akan menimbulkan motivasi dan persepsi yang baik sehingga konsumen akan melakukan pembelian (2) Besarnya pengaruh persepsi kualitas layanan terhadap proses pembelian sebesar 0 487 atau 48 70% sedangkan 51 30% dipengaruhi variabel lain seperti promosi. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi pihak GLOW Aesthetic Clinic Cabang Sawojajar kota Malang agar lebih menonjolkan berbagai layanan-layanan sehingga dapat memberikan dorongan konsumen untuk melakukan pembelian (2) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya lebih mengembangkan variabel-variabel lain dan berinovasi dalam melakukan penelitian dengan variabel-variabel lain diluar variabel yang sudah diteliti yaitu motivasi dan kualitas layanan yang dapat mempengaruhi proses pembelian. Variabel-variabel lain yang dimaksud adalah promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31972

Actions (login required)

View Item View Item