Persepsi guru terhadap kompetensi kepala sekolah dasar negeri se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Widianarko - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap kompetensi kepala sekolah dasar negeri se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Widianarko

Widianarko (2009) Persepsi guru terhadap kompetensi kepala sekolah dasar negeri se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Widianarko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kompetensi merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap para pemimpin. Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan juga harus memiliki beberapa kompetensi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kemampuan atau kompetensi tersebut sangatlah penting guna peningkatan kualitas mutu sekolah yang pada akhirnya dapat menghasilkan lulusan yang diinginkan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan. Kompetensi atau kemampuan kepala sekolah yang harus dimiliki dan dijalankan dalam melaksanakan tugasnya antara lain kompetensi kepribadian kompetensi manajerial kompetensi kewirausahaan kompetensi supervisi dan kompetensi sosial. Berdasarkan uraian di atas maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi-kompetensi yang dimiliki kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 42 orang kepala sekolah dan 742 orang guru. Teknik pengambilan sampel digunakan untuk mengambil perwakilan jumlah populasi responden guru dengan cara proportional random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel 333 orang guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Skala pengukuran menggunakan skala Likert dengan 4 (empat) opsi jawaban. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dan untuk mempermudah pengolahan data maka dibantu komputer yaitu dengan menggunakan Software SPSS 12.00 for Windows. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) secara umum kompetensi yang dimiliki oleh kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang berada pada kategori tinggi atau baik (2) kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang berada pada kategori tinggi (3) kompetensi manajerial yang dimiliki oleh kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang berada pada kategori tinggi (4) kompetensi kewirausahaan yang dimiliki oleh kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang berada pada kategori tinggi (5) kompetensi supervisi yang dimiliki oleh kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang berada pada kategori tinggi (6) kompetensi sosial yang dimiliki oleh kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang berada pada kategori tinggi. Disarankan bagi para kepala sekolah dasar negeri Kecamatan Kedungkandang Kota Malang agar lebih mampu meningkatkan dan mempertahankan peran kemampuan atau kompetensi kepribadian kompetensi manajerial kompetensi kewirausahan kompetensi supervisi serta kompetensi sosial guna peningkatan kualitas kinerjanya yang telah dimiliki. Peningkatan kualitas kinerja tersebut secara langsung dapat meningkatkan kualitas kegiatan operasional sekolah yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu lulusan siswa. Selanjutnya untuk Dinas Pendidikan Kota Malang sebagai lembaga yang berwenang dalam melakukan pembinaan maupun pengawasan terhadap kualitas pendidikan di daerahnya hendaknya dapat memberikan suatu pelatihan atau seminar tentang bagaimana cara meningkatkan persepsi kompetensi kepala sekolahyang belum terpenuhi atau masih kurang terpenuhi. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan karena kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki merupakan prasyarat standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Bagi para peneliti lain yang berkeinginan untuk melakukan penelitian yang serupa hendaknya melakukan penelitian yang lebih mendalam baik melalui pendekatan kualitatif maupun kuantitatif serta dengan menambah atau memperluas variabel-variabel maupun subvariabelnya. Selain itu penelitian ini juga dapat dikembangkan dari segi objek penelitian bukan hanya kepala sekolah tetapi juga dapat dari guru komite sekolah maupun warga sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3197

Actions (login required)

View Item View Item