Pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying tendency pada Matahari Department Store Cabang Mitra Kota Malang / Nurul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying tendency pada Matahari Department Store Cabang Mitra Kota Malang / Nurul Azizah

Azizah, Nurul (2017) Pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying tendency pada Matahari Department Store Cabang Mitra Kota Malang / Nurul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah Nurul. 2016. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Impulse Buying Tendency pada Matahari Department Store Cabang Mitra Kota Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Afwan Hariri S.E. M. Si (2) Handri Dian Wahyudi S.Pd. M.Sc. Kata kunci Store Atmosphere Impulse Buying Tendency toko ritel Dalam bisnis ritel modern suasana toko (store atmosphere) dianggap menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan agar dapat menarik para konsumen dan membuat konsumen merasa nyaman untuk berbelanja. Beberapa organisasi sosial mulai dibentuk sebagai wadah masyarakat untuk memperkuat industri ritel di Indonesia. Persaingan bisnis memang akan lebih mudah terpetakan dengan kompleksitas jaringan dan kemajuan teknologi yang sedang berkembang saat ini. Namun kondisi ini kian menambah tekanan dalam bisnis ritel di mana titik impas yang cenderung lebih tinggi serta keuntungan yang bergantung pada kelihaian manajemen masing-masing toko. Perlu usaha lebih untuk menarik perhatian sehingga konsumen mengabaikan toko lain. Sehingga perlu dipelajari lebih lanjut mengenai stimulus toko sehingga membuat konsumen cenderung banyak melakukan pembelian tidak terencana (impulse buying tendency). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Matahari Department Store Cabang Mitra Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan total 100 responden. Skala yang digunakan adalah skala likert dengan 5 skala pilihan jawaban. Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying tendency di Matahari Department Store Cabang Mitra Kota Malang baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan penelitian peneliti menyarankan (1) Matahari perlu mengevaluasi dan meningkatkan faktor desain dan faktor sosial serta mempertahankan faktor ambience yang diciptakan (2) Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat melibatkan respon emosional sebagai mediasi dari faktor personality dengan impulse buying tendency sehingga dapat ditemukan temuan baru yang lebih luas dan mendalam. Respon emosional dalam berbelanja yang dikategorikan sebagai pembentuk impulse buying tendency membatasi peneliti untuk mencari arah hubungan personality konsumen pada impulse buying tendency itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31969

Actions (login required)

View Item View Item