Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan food and beverage yang listing di BEI (Bursa Efek Indonesia) tahun 2013-2015 / Andika Eko Prasetyo

Prasetyo, Andika Eko (2017) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan food and beverage yang listing di BEI (Bursa Efek Indonesia) tahun 2013-2015 / Andika Eko Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo, Andika E. 2017. Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Equity (ROE) Pada Perusahaan Food And Beverages yang Listing di BEI (Bursa Efek Indonesia) Tahun 2013-2015. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Fadia Zen, S.E., M.M. (II) Yuli Soesetio, S.E., M.M. Kata Kunci: Debt to Equity Ratio, Return On Equity. Return on equity adalah pengembalian atas ekuitas biasa yang digunakan untuk mengukur tingkat pengembalian atas investasi pemegang saham biasa. Rasio ini menunjukkan efisiensi penggunaan modal sendiri, semakin tinggi rasio ini semakin baik. Return on equity diukur dengan membagi laba bersih setelah pajak dengan modal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi return on equity dan debt to equity ratio perusahaan, (2) mengetahui pengaruh debt to equity ratio terhadap return on equity perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013ÔÇö2015 sebanyak 14 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga dihasilkan 11 perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa return on equity mengalami penurunan pada tahun penelitian dan kondisi debt to equity ratio cenderung menurun. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa debt to equity ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return on equity. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada manajemen perusahaan untuk menganalisis dan mempertimbangkan struktur modal yang optimal yang akan digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan. Untuk kreditur harus melihat tingkat solvabilitas perusahaan untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut mampu untuk melunasi kewajiban perusahaan. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya sebaiknya memperluas atau mengambil sampel lain diluar perusahaan makanan & minuman sehingga dapat diperoleh gambaran menyeluruh tentang return on equity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31967

Actions (login required)

View Item View Item