Proyeksi kebutuhan unit sekolah dan tenaga guru berdasarkan APK dan APM sekolah-sekolah di Lubuklingau tahun ajaran 2008/2009-2015/2016 / Esti Murdiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Proyeksi kebutuhan unit sekolah dan tenaga guru berdasarkan APK dan APM sekolah-sekolah di Lubuklingau tahun ajaran 2008/2009-2015/2016 / Esti Murdiani

Murdiani, Esti (2010) Proyeksi kebutuhan unit sekolah dan tenaga guru berdasarkan APK dan APM sekolah-sekolah di Lubuklingau tahun ajaran 2008/2009-2015/2016 / Esti Murdiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Murdiani Esti. 2009. Proyeksi Kebutuhan Unit Sekolah dan Tenaga Guru Berdasarkan APK dan APM Sekolah-sekolah di Kota Lubuklinggau Tahun Ajaran 2008/2009-2015/2016. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Bambang Setyadin M.Pd. (II) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd. Kata Kunci Proyeksi Kebutuhan Unit Sekolah dan Tenaga Guru APK dan APM. Penurunan APK dan APM berkaitan erat dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat lemah sehingga meningkatnya jumlah penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan menyebabkan anak usia sekolah tidak dapat melanjutkan dan yang putus sekolah mengalami peningkatan pula. Selain itu biaya operasional pendidikan semakin tinggi menyebabkan proses belajar mengajar tidak dapat terselenggara dengan lancar. Kedua hal ini merupakan tantangan dalam pembinaan pendidikan di Kota Lubuklinggau. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui proyeksi APK sekolah-sekolah di Kota Lubuklinggau pada tahun proyeksi (2) mengetahui proyeksi APM sekolah-sekolah di Kota Lubuklingau pada tahun proyeksi (3) memproyeksikan kebutuhan unit sekolah pada tiap jenjang pendidikan di Kota Lubuklinggau pada tahun proyeksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian prediktif dan rancangan penelitian ini adalah deskripktif-proyektif dengan dua variabel (X) berkala dan variabel (Y) tahun yang akan datang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis trend parabolik. Analisis data dilakukan dengan bantuan komputer yaitu program EXCEL 2007 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyeksi APK dan APM mengalami peningkatan dan penurunan hal ini disebabkan oleh anak usia sekolah mengenyam pendidikan tidak sesuai dengan usia standar pada jenjang pendidikan tertentu. Proyeksi APK dan APM berkaitan erat dengan jumlah kebutuhan unit sekolah untuk menampung anak usia sekolah di setiap jenjang pendidikan di Kota Lubuklinggau. Dari penelitian ini penulis memberi saran bagi pemerintah Kota Lubuklinggau yaitu (1) Bagi para pejabat yang menduduki kursi DPRD dan Pemerintah Kota Lubuklinggau antara lain a) sebaiknya mendukung gerakan nasional penuntasan program pendidikan dengan melibatkan partisipasi semua kekuatan masyarakat Lubuklinggau b) mempertahankan dan meningkatkan kerjasama pembangunan dibidang pendidikan dengan makin meningkatkan koordinasi dengan Dinas/Instansi terkait guna menyatukan pola pikir pola tindak dalam menentukan kebijaksanaan dibidang pendidikan yang akurat efektif dan efisien (2) Bagi para pejabat Departemen Pendidikan Nasional antara lain a) mendukung gerakan nasional penuntasan program pendidikan SD/MI SMP/MTs SMA/MA dan SMK dengan melibatkan partisipasi semua kekuatan masyarakat Kota Lubuklinggau seperti orang tua tokoh masyarakat lembaga swadaya masyarakat dunia industri dan usahawan b) sebaiknya hasil penelitian ini dijadikan bahan acuan untuk mengubah pola perencanaan pendidikan yang lebih baik dan kompeten agar rencana pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditentukan (3) Para Pejabat Dinas Pendidikan Kota seharusnya Pemerintah Dinas Pendidikan Kota meningkatkan dan memperkuat program-program esensial yang telah ada untuk meningkatkan jumlah siswa masuk sekolah (enrollment). Sementara itu program-program kegiatan yang kurang esensial agar dikaji ulang dan memobilisasikan sumberdaya yang mendukungnya untuk meningkatkan program pendidikan (4) Para Pengembang Ilmu Perencanaan Pendidikan antara lain a) memperbaiki manajemen pendidikan dengan memperkuat dan meningkatkan kemampuan profesionalisme pengelola pendidikan b) memperbaiki manajemen pendidikan dengan memperkuat kemampuan profesionalisme pengelola pendidikan dalam mengantisipasi penurunan penduduk usia sekolah dan meningkatkan jumlah kebutuhan unit sekolah untuk memperlancar proses belajar-mengajar siswa dan untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3193

Actions (login required)

View Item View Item