Pengaruh efisiensi pengendalian biaya dan tingkat perputaran modal kerja terhadap rentabilitas pada KSP (Koperasi Simpan Pinjam) di Kota Malang periode 2013-2014 / Yovita Apriliana

Apriliana, Yovita (2016) Pengaruh efisiensi pengendalian biaya dan tingkat perputaran modal kerja terhadap rentabilitas pada KSP (Koperasi Simpan Pinjam) di Kota Malang periode 2013-2014 / Yovita Apriliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriliana, Yovita. 2016. Pengaruh Efisiensi Pengendalian Biaya dan Tingkat Perputaran Modal Kerja Terhadap Rentabilitas Pada KSP (Koperasi Simpan Pinjam) di Kota Malang Periode 2013-2014. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Agung Winarno, M.M. (II) H. Subagyo, S.E., S.H., M.M. Kata Kunci: Efisiensi Pengendalian Biaya, Tingkat Perputaran Modal, Rentabilitas. Peran koperasi berbeda dengan perusahaan pada umumnya. Jika perusahaan pada umumnya mengutamakan pemaksimalan keuntungan, maka koperasi orientasi bisnisnya bersifat mengutamakan jasa pelayanan, yaitu memaksimalkan pelayanan kepada anggota agar mencapai kemajuan usaha anggota. Rentabilitas KSP dalam penelitian dihitung dengan menggunakan ROA, efisiensi pengendalian biaya dihitung dengan menggunakan BOPO, sedangkan tingkat perputaran modal kerja dihitung dengan membagi penjualan dengan modal kerja rata-rata. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui keadaan variabel yang diteliti selama periode penelitian serta mengetahui pengaruh efisiensi pengendalian biaya dan tingkat peputaran modal kerja terhadap rentabilitas KSP yang ada di Kota Malang periode 2013-2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini ialah 45 unit KSP yang ada di Kota Malang. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 15 KSP. Instrumen pengumpulan data menggunakan format dokumentasi dengan data yang diperoleh berasal dari laporan keuangan KSP. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rasio BOPO menunjukkan sebagian besar persentasenya pengalami penurunan. Tingkat perputaran modal kerja menunjukkan kondisi cukup baik. Hal ini juga mengindikasikan bahwa KSP mampu menghasilkan revenue yang cukup besar dari total aktiva yang dimiliki. Tingkat rentabilitas KSP menunjukkan bahwa sebagian besar KSP kota Malang masuk dalam klasifikasi ROA yang kurang baik. 2) Efisiensi pengendalian biaya tidak berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas. 3) Tingkat perputaran modal kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31922

Actions (login required)

View Item View Item