Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen (studi pada PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Agen Utama Kota Malang) / Achmad Rizal Nur Faizin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen (studi pada PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Agen Utama Kota Malang) / Achmad Rizal Nur Faizin

Faizin, Achmad Rizal Nur (2016) Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen (studi pada PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Agen Utama Kota Malang) / Achmad Rizal Nur Faizin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faizin Achmad Rizal Nur. 2016. PengaruhRelationship Marketing TerhadapLoyalitasKonsumenMelaluiKepuasanKonsumen (StudiPada PT. Citra Van TitipanKilat (TIKI) AgenUtama Kota Malang). Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. AniekIndrawati S.Si. M.M (II) Dr. TitisShintaDhewi S.P. M.M. Kata kunci relationship marketing loyalitaskonsumen kepuasankonsumen. Di era globalisasi saat ini persaingan menjadisangatketatkarenamasing-masingperusahaantentunyaselaluberusahauntukmendapatkankonsumensebanyak-banyaknya. Selainitu perusahaanjugadituntutuntukmenjadiperusahaan yang berorientasi pada konsumen atau customer focused.Pada umumnya perusahaan menginginkan seorang konsumen yang bertahan selamanya karena konsumen yang setiaataukonsumen yang memilikiloyalitas merupakan suatu hal yang berharga bagi perusahaan.Loyalitaskonsumentersebutdapatterbentukjikaterciptakepuasankonsumen.Untukmewujudkanhaltersebut strategi yang dapat dilakukan perusahaan dalam mempertahankan eksistensi perusahaan adalah memfokuskan diri dalam membina hubungan dengan pelangganataudalamilmupemasaranseringdisebutdenganrelationship marketing.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui (1) kondisirelationship marketing kepuasankonsumendanloyalitaskonsumenpada TIKI AgenUtama Kota Malang (2) pengaruhsecaralangsungantararelationship marketingterhadaployalitaskonsumen (3) pengaruhsecaralangsungantararelationship marketingterhadapkepuasankonsumen (4) pengaruhsecaralangsungantarakepuasankonsumenterhadaployalitaskonsumen (5) pengaruhsecaratidaklangsungantararelationship marketingterhadaployalitaskonsumenmelaluikepuasankonsumen. Populasidalampenelitianiniadalahkonsumendari TIKI AgenUtama Kota Malang yang pernahmelakukanpengiriman minimal 3 kali denganjumlahpopulasi yang tidakterbatasatauinfinite population. Sampeldiperolehdenganmenggunakanteknikperhitunganrumus Daniel Terrel dandiperolehsampelpenelitiansebanyak 138 responden.Metodepengambilansampelmenggunakanteknikpurposive sampling. Kuesioner yang digunakanmerupakanjeniskuesionerterbukadantertutup dimanakuesionertertutupmenggunakanskalaLikertdengan 5 skalapilihanjawaban. Teknikpengumpulan data menggunakandokumentasidankuesioner. Ujikelayakaninstrumenmenggunakanujivaliditasdanreliabilitas. Teknikanalisis data menggunakananalisisstatistikdeskriptifdananalisisstatistikinferensial. Analisisstatistikinferensialdidahuluidenganujiasumsiklasik kemudiandilanjutkandengananalisisjalur(path analysis)danujit. Proses pengolahandata menggunakan program SPSS 16. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) skorrata-rata jawaban responden pada item-item pernyataan dalam variabelrelationship marketing termasuk dalam kategori baik (2) skorrata-rata jawaban responden pada item-item pernyataan dalam variabel kepuasankonsumen termasuk dalam kategori baik (3) skorrata-rata jawaban responden pada item-item pernyataan dalam variabel loyalitaskonsumen termasuk dalam kategori cukupbaik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) data pada penelitian ini memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik yang menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada gambar grafik Normal P-PPlot of Regression Standardized Residual (2) data tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada gambar grafik scatterplot yang menunjukkan titik-titik menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruhsecaralangsung yang positifdansignifikanantararelationship marketingterhadaployalitaskonsumen (2) terdapatpengaruhsecaralangsung yang positifdansignifikanantararelationship marketingterhadapkepuasankonsumen (3) terdapatpengaruhsecaralangsung yang positifdansignifikanantarakepuasankonsumenterhadaployalitaskonsumen (4) tidakterdapatpengaruhsecaratidaklangsungsignifikanantararelationship marketingterhadaployalitaskonsumenmelaluikepuasankonsumen. Berdasarkanhasilpenelitianini dapatdisimpulkanbahwa (1) variabelrelationship marketingdankepuasankonsumenmemilikideskripsi yang baiksedangkanvariabelloyalitaskonsumenmemilikideskripsi yang cukupbaik (2)terdapat pengaruhsecaralangsung yang positifdansignifikanantararelationship marketingterhadaployalitaskonsumen (3) terdapatpengaruhsecaralangsung yang positifdansignifikanantararelationship marketingterhadapkepuasankonsumen (4) terdapatpengaruhsecaralangsung yang positifdansignifikanantarakepuasankonsumenterhadaployalitaskonsumen (5) tidakterdapatpengaruhsecaratidaklangsungantararelationship marketingterhadaployalitaskonsumenmelaluikepuasankonsumen. Berdasarkankesimpulantersebutmakapenelitimemberikan saran sebagaiberikut (1) perusahaansebaiknyamemperbanyakcabangatauagen-agenpembantudengancaramenarik investor untukmembuatagenbaru.Selainitu untukmeningkatkanloyalitaskonsumenmenjadilebihtinggi fasilitaspenunjanglayanandari TIKI Agen Kota Malangsebaiknyadiperbaikiatauditambahkanlagi seperti tempat parkir yang luas fasilitas ruang tunggu yang memadai dan suasana kantor yang nyaman.(2)bagipenelitiselanjutnyaperlu dikembangkan lagi variabel lain yang mempengaruhi loyalitas pelanggan seperti brand image.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31920

Actions (login required)

View Item View Item