Persepsi tentang komitmen organisasional pada beberapa level manajerial (studi pada karyawan PDAM Kota Malang) / Uluf Nurul Kifayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi tentang komitmen organisasional pada beberapa level manajerial (studi pada karyawan PDAM Kota Malang) / Uluf Nurul Kifayati

Kifayati, Uluf Nurul (2016) Persepsi tentang komitmen organisasional pada beberapa level manajerial (studi pada karyawan PDAM Kota Malang) / Uluf Nurul Kifayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kifayati Uluf. 2016. Persepsi Komitmen Organisasional pada Beberapa Level Manajerial (Studi pada Karyawan PDAM Kota Malang). Skripsi Jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Nyoman Suputra M.Si (2) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E . M.Si. Kata kunci Komitmen Organisasional Level Manajerial. Salah satu faktor terjadinya turnover di suatu perusahaan adalah komitmen organisasi. Manajer adalah seorang yang melakukan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain sehingga sasaran-sasaran organisasi dapat dicapai. Manajer dengan tingkat komitmen yang tinggi akan menunjukkan sikap positif terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Orang-orang yang berada pada level manajerial di PDAM kota Malang tentunya orang tersebut memiliki komitmen yang kuat karena mereka telah melalui beberapa proses untuk sampai ke tingkatan level manajerial dalam perusahaan tersebut. Jika mereka yang ada dalam level manajerial dan kurang memiliki komitmen terhadap perusahaan tentunya hal ini akan mempengaruhi bawahan atau karyawan yang berada di bawah kendalinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komitmen organisasional pada beberapa level manajerial PDAM kota Malang. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat mengetahui kecenderungan kategori komitmen organisasional masing-masing level manajerial di PDAM kota Malang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket sedangkan wawancara dilakukan selama penelitian berjalan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 52 karyawan yang menempati posisi level manajerial di PDAM kota Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada level manajer puncak para manajer yang menempati posisi jabatan sebagai manajer puncak di PDAM Kota Malang cenderung pada komitmen afektif. Level manajer menengah responden pada level manajer menengah cenderung pada 2 kategori komitmen sekaligus yaitu komitmen afektif dan komitmen berkelanjutan dan pada level manajer lini pertama responden pada level manajerial ini cenderung kepada komitmen normatif. Meskipun pada tiap-tiap level manajerial memiliki kecenderungan komitmen organisasional yang berbeda-beda tetapi komitmen organisasi di PDAM kota malang pada level manajerial menunjukkan nilai yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis memberikan saran kepada para manajer untuk meningkatkan komitmen organisasi pada karyawan atau bawahannya Perusahaan harus lebih sering melibatkan karyawan dalam setiap kegiatan baik kegiatan di dalam maupun di luar perusahaan agar karyawan merasa bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang terbaik untuk tempatnya bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31902

Actions (login required)

View Item View Item