Pengaruh atribut produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Ramayana Dept Store Malang) / Raihan Wishal Nafis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh atribut produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Ramayana Dept Store Malang) / Raihan Wishal Nafis

Nafis, Raihan Wishal (2016) Pengaruh atribut produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Ramayana Dept Store Malang) / Raihan Wishal Nafis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nafis R.W. 2016. Pengaruh Atribut Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Ramayana Dept Store Kota Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suwarni M.Si (II) Dr. Wahju Wibowo A.Md S.E. M.Si Kata kunci Atribut Produk Persepsi Harga Keputusan Pembelian Untuk mencapai target perusahaan maka diperlukan adanya pengaturan guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen antara lain atribut produk dan persepsi harga dari konsumen. Rumusan masalah yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kondisi tentang Atribut Produk (yang terdiri darimerek kemasan harga label dan kualitas)Ramayana dept store (2) Untuk mengetahui kondisi tentang Persepsi Harga (yang terdiri dari persepsi biaya dan persepsi kualitas) konsumen Ramayana dept store (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh Atribut Produk (yang terdiri darimerek kemasan harga label dan kualitas) terhadap Keputusan Pembelian konsumen Ramayana dept store (4) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh Persepsi Harga (yang terdiri dari persepsi biaya dan persepsi kualitas) terhadap Keputusan Pembelian konsumen Ramayana dept store. Hasil pengamatan yang peneliti lakukan di Ramayana dept storemengindikasikan bahwa ada beberapa hal yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini termasuk penelitiandengan pendekatan penelitian kuantitatif eksplanatori dan korelasi dimana penelitian ini menjelaskan kondisi masing-masing variable dan menjelaskan pengaruh variabel atribut produk terhadap keputusan pembelian dan pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian secara parsial. Populasi dari penelitian ini adalah para konsumen Ramayana dept store Malang atau bisa dikatakan populasi penelitian ini adalah infinite population atau populasi tak terhingga. Sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 140 orang dari konsumen Ramayana. Angka 140 tersebut didapatkan setelah dilakukan penghitungan menggunakan rumus Daniel Terrel. Cara pengumpulan data menggunakan kuesioner dan menggunakan metode incidental sampling. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier. Berdasarkan hasil uji hipotesis baik atribut produk maupun persepsi harga berpengaruh secara signifikan terhadapkeputusan pembelian konsumen Ramayana dept store. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 (0 000 0 05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa atribut produk dan persepsi hargaberpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Unsur atribut produk yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Ramayana dept store adalah unsur kemasan. Sedangkan untuk persepsi harga sebagian besar konsumen berpendapat bahwa persepsi harga yang dibentuk oleh Ramayana sudah baik karena konsumen berpendapat bahwa harga yang ditawarkan Ramayana sesuai dengan kualitas produk yang mereka dapatkan. Berdasarkan semua pemaparan tersebut maka temuan yang dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah (1) Atribut produk dari Ramayana dikatakan cukup baik oleh konsumen dimana unsur yang memiliki pengaruh paling dominan adalah unsur kemasan. Persepsi harga yang dibentuk Ramayana dikatakan cukup baik oleh konsumen karena konsumen menganggap harga yang ditawarkan oleh Ramayana sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan. Keputusan pembelian konsumen Ramayana sendiri dipengaruhi oleh atribut produk sebanyak 43% dan dipengaruhi oleh persepsi harga sebanyak 67% (2) Atribut produk dari Ramayana dept store yang terdiri dari merek kemasan label harga dan kualitas memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian (3) Persepsi harga yang dibentuk Ramayana dept store dikatakan cukup baik oleh konsumen. Persepsi harga dalam hal ini dibentuk oleh persepsi kualitas dan persepsi biaya mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Ramayana dept store sebaiknya bisa mempertahankan atribut produk dan persepsi harga yang sudah terbentuk dengan baik agar para konsumen tidak merubah keputusan pembeliannya dan berpaling dari Ramayana dept store.Hal ini harus dilakukan karena ke depannya persaingan di bidang retailer pakaian akan semakin ketat terutama di kota-kota besar. Ramayana harus sesering mungkin meningkatkan atau berinovasi dengan atribut produknya agar selalu sesuai dengan perkembangan selera konsumen. Ramayana juga harus mempertahankan persepsi harga yang telah terbentuk dengan baik di benak konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31890

Actions (login required)

View Item View Item