Pengaruh brand equity dan brand image terhadap minat beli produk smarthphone Samsung (studi pada mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang) / Sofi Nur Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brand equity dan brand image terhadap minat beli produk smarthphone Samsung (studi pada mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang) / Sofi Nur Aini

Aini, Sofi Nur (2016) Pengaruh brand equity dan brand image terhadap minat beli produk smarthphone Samsung (studi pada mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang) / Sofi Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aini Sofi Nur. 2016. Pengaruh Brand Equity Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Smarthphone Samsung (Study pada Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Hermawan M.Si GradDipMgt MBus (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd M.Sc. Kata Kunci Brand Equity Brand Image Minat Beli Persaingan bisnis yang sangat cepat mendorong perusahaan untuk berkompetisi dalam setiap aktivitas perusahaan termasuk dalam bidang pemasaran. Dalam bidang pemasaran ini perusahaan melakukan kompetisi pada aspek kesadaran merek asosiasi merek persepsi kualitas loyalitas merek guna membentuk ekuitas merek (Brand Equity). Sedangkan keunggulan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek keunikan asosiasi merek guna membentuk citra merek (Brand Image) suatu produk. Pentingnya peningkatan Brand Equity dan Brand Image harus dijaga oleh Smartphone Samsung untuk menghadapi persaingan saat ini yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Equity dan Brand Image terhadap Minat Beli produk smartphone Samsung. Variabel yang diteliti adalah Brand Equity Brand Image dan Minat Beli. Pengolahan data penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda pada program SPSS for Windows. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif serta teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Simple random sampling adalah teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang yang memiliki smartphone Samsung sebanyak 131 responden dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Brand Equity berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli (2) Brand Image berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli dan (3) Brand Image yang berpengaruh dominan terhadap Minat Beli. Penulis juga menyarankan bagi Samsung agar meningkatkan kualitas seperti layar yang cerah untuk tipe smartphone tertentu agar konsumen tidak berpindah ke merek smartphone lain dan juga tidak kalah bersaing dengan smartphone lain. Samsung juga dapat menciptakan produk Smartphone dengan tipe model pilihan banyak warna tidak hanya warna putih dan hitam saja. Hal ini perlu karena responden menilai jika Smartphone Samsung kurang memiliki ciri khas dibandingkan dengan merek-merek lain. Keterbatasan penelitian ini terletak pada kesamaan penetapan pengukuran dimensi Brand Image. Sehingga untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan dimensi pengukuran Brand Image yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31888

Actions (login required)

View Item View Item