Pengaruh bauran promosi terhadap perpindahan merek (brand switching) produk rokok Sampoerna A Mild (studi pada pengunjung Apresio Coffe Shop Malang) / Ainun Mustakhlafin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran promosi terhadap perpindahan merek (brand switching) produk rokok Sampoerna A Mild (studi pada pengunjung Apresio Coffe Shop Malang) / Ainun Mustakhlafin

Mustakhlafin, Ainun (2016) Pengaruh bauran promosi terhadap perpindahan merek (brand switching) produk rokok Sampoerna A Mild (studi pada pengunjung Apresio Coffe Shop Malang) / Ainun Mustakhlafin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustakhlafin Ainun. 2016. PengaruhBauran Promosi terhadap Perpindahan Merek (Brand Switching) Produk Rokok Sampoerna A Mild (StudipadaPengunjung Apresio Coffee Shop Malang). Skripsi JurusanManajemenFakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.Si (II) Dr. Sopiah M.Pd M.M. Kata Kunci bauran promosi personal selling promosi penjualan periklanan hubungan masyarakat perpindahan merek. Industri rokok memberikan sumber pendapatan pajak bagi pemerintah namun mempunyai eksternalitas yang mengancam bagi kesehatan masyarakat. Merek rokok Mild yang beragam membuat konsumen diberikan banyak pilihan. Ketertarikan terhadap kegiatan promosi yang dilakukan oleh merek lain dapat menjadi penyebab konsumen melakukan perpindahan merek (brand switching). Perilaku perpindahan merek tersebut dipengaruhi oleh faktor promosi antara lain personal selling promosi penjualan periklanan dan hubungan masyarakat. Tujuandaripenelitianiniadalah (1) Mendeskripsikanbauran promosi dan brand switchingproduk rokok Sampoerna A Mild (2) Menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh bauran promosi secara parsial terhadap brand switching (3) Menjelaskan ada atau tidaknyapengaruhbauran promosi secara simultan terhadap brand switching. Penelitianinitermasukpenelitiandeskriptifdanexplanatory research.Populasidalampenelitianiniadalahkonsumen yang mengunjungi Apresio Coffee Shop Malang secarainfinite population.Dengan menggunakan teknik sampling sistematis dan rumus Daniel dan Terrel diperoleh sampel sebesar 80 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Temuan penelitian ini adalah (1) Persepsi konsumenterhadap personal sellingdalam kategori baik promosi penjualan dan periklanan dipersepsikan dalam kategori menarik bagi konsumen persepsi konsumen terhadap hubungan masyarakatdalam kategori tepat dan menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan perpindahan merek atau tidak (2) Terdapatpengaruhnegatif dan signifikanantarapersonal sellingterhadap brand switching (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi penjualan terhadap brand switching (4)Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara periklanan terhadap brand switching (5) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara hubungan masyarakat terhadap brand switching. (6) Secara simultan terdapatpengaruhpositif dan signifikanantarabauran promositerhadapbrand switching. Temuan yang menarik (1) Personal selling melalui penampilan SPG yang menarik dan rapi memiliki pengaruh kecil dalam melakukanbrand switching (2) Hubungan masyarakat tidak memiliki pengaruh terhadap brand switching dinilai sebagianresponden yang tidak mendapatkan sumbangan dan sponsorship yang diadakan. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah (1) Perlu meningkatkan personal selling melalui SPG dengan lebih tanggap dalam merespon dan memberikan penjelasan dengan jelas dan mudah dipahami (2) Meningkatkan promosi penjualannya melalui pemberian hadiah pada pembelian lebih dari satu atau pada saat diadakan event-event tertentu sehingga dapat mengalihkan konsumen dari merek lain (3)Meningkatkan iklan-iklan beserta pesan yang terkandung dalam iklan melalui media elektronik maupun cetak baik televisi media massa dan billboard (4) Meningkatkan hubungan masyarakat melalui kegiatan sosial lainnya agar tercipta citra positif di mata masyarakat. (5) Untuk melanjutkan penelitian ini perlunya memperluas dan mendalami variabel lain seperti harga citra merek kualitas produk kepuasan konsumen karakteristik konsumen dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi perpindahan merek sehingga dapat menjadikan temuan baru berkontribusi pada ilmu manajemen khususnya manajemen pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31885

Actions (login required)

View Item View Item