Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan harga terhadap minat beli produk pakaian pada Tokopedia (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Shinta Ayu Dewayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan harga terhadap minat beli produk pakaian pada Tokopedia (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Shinta Ayu Dewayanti

Dewayanti, Shinta Ayu (2016) Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan harga terhadap minat beli produk pakaian pada Tokopedia (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Shinta Ayu Dewayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewayanti Shinta A. 2016. Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan Harga terhadap Minat Beli Produk Pakaian Pada Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.Si (II) Dr. Sopiah M.Pd M.M. Kata Kunci Electronic Word of Mouth harga minat beli produk. Perkembangan persaingan bisnis yang sangat pesat di Indonesia ditandai dengan adanya globalisasi dalam bidang ekonomi yang semakin membuka lebar peluang bisnis dan dapat meningkatkan persaingan. Sehingga perusahaan harus memiliki nilai lebih di mata konsumen daripada pesaing lain agar dapat bertahan di dalam persaingan. Sebelum melakukan seringkali konsumen akan mencari informasi mengenai produk yang akan dibeli terutama dalam hal kebutuhan pakaian. Selain itu faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli diantaranya terdapat kelompok acuan sebagai pencipta komunikasi dari mulut ke mulut dan juga harga. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikanelectronic word of mouth harga dan minat beli produk pakaian pada Tokopedia (2) Mengetahui pengaruhelectronic word of mouth terhadap minat beli produk pakaian pada Tokopedia (3) Mengetahui pengaruh harga terhadap minat beli produk pakaian pada Tokopedia. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Jenjang S1 angkatan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dengan menggunakan tekniksimple random sampling dan rumus Slovindiperoleh sampel sebesar 182 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner serta analisis data menggunakan regresi linier berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi konsumen terhadap Electronic Word of Mouth untuk produk pakaian sudah efektif dan penetapan harga pakaian sudah cukup tepat serta dapat menjadi pertimbangan penting saat minat beli muncul (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikanElectronic Word of Mouth terhadap minat beli (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah (1) Konsumen perlu memahami produk dan memperhatikan pernyataan dari konsumen lain serta membandingkan harga agar dapat memutuskan dengan bijak (2)Tokopedia harus mampu memicu pernyataan-pernyataan yang dapat membuatnya semakin berkembang dan terkenal di antara mall online (3) Diharapkan dapat menetapkan harga sesuai keinginan konsumen dengan cara memberikan potongan harga atau harga promo lebih sering agar konsumen tidak mencari referensi dari mall online lain (4) Untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu memperluas variabel lain yang dapat mempengaruhi minat beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31883

Actions (login required)

View Item View Item