Hubungan persepsi dosen tentang perubahan organisasi dengan peningkatan mutu pendidikan di Universitas Nusantara PGRI Kediri / Sri Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi dosen tentang perubahan organisasi dengan peningkatan mutu pendidikan di Universitas Nusantara PGRI Kediri / Sri Utami

Utami, Sri (2009) Hubungan persepsi dosen tentang perubahan organisasi dengan peningkatan mutu pendidikan di Universitas Nusantara PGRI Kediri / Sri Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan organisasi adalah proses inovasi kearah yang lebih baik atau perkembangan dalam suatu wadah kerjasama antara orang-orang dalam suatu sistem yang terkoordinasi secara terus menerus dan terencana. Seiring dengan perubahan yang terjadi saat ini IKIP PGRI Kediri STIE PGRI Kediri STT PGRI Kediri AKPER PGRI Kediri bergabung menjadi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri Universitas Nusantara PGRI Kediri sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi formal yang selalu dituntut untuk melakukan perubahan sebagai implikasi dari peningkatan mutu pendidikan pendidikan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dosen tentang perubahan organisasi di Universitas Nusantara PGRI Kediri untuk mengetahui tingkat peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan di Universitas Nusantara PGRI Kediri untuk mengetahui adakah hubungan persepsi dosen tentang perubahan organsasi dengan peningkatan mutu pendidikan di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Subyek penelitian ini adalah dosen Universitas Nusantara PGRI Kediri lokasi penelitian di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh dosen di Universitas Nusantara PGRI Kediri yang berjumlah 143 dosen dan sampelnya berjumlah 105 dosen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proportional Random Sampling karena jumlah populasi dalam setiap wilayah atau tempat yang diteliti berbeda-beda. Sedangkan penentuan besarnya sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan formula Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang memberikan empat jawaban alternatif dan analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil analisis deskriptif untuk variabel persepsi dosen tentang perubahan organisasi menunjukkan terdapat 46 dosen (43.81%) mempunyai persepsi sangat baik terdapat 59 dosen (56.19%) yang mempunyai persepsi baik dan tidak ada dosen yang mempunyai persepsi tidak baik dan sangat tidak baik terhadap perubahan organisasi yang terjadi di Universitas nusantara PGRI Kediri. Nilai rata-rata (Range) sebesar 137 581. Nilai tersebut berada dalam interval 107-138 yang mana masuk dalam kualifikasi baik artinya dosen memiliki persepsi yang baik terhadap perubahan organisasi yang terjadi di Universitas nusantara PGRI Kediri. Sedangkan untuk variabel peningkatan mutu pendidikan terdapat 42 dosen (40%) yang menyatakan dalam kualifikasi sangat tinggi 63 dosen (60%) yang menyatakan dalam kualifikasi tinggi dan tidak ada dosen yang menjawab bahwa peningkatan mutu yang dilakukan dalam kualifikasi rendah maupun sangat rendah. Nilai rata-rata (Range) sebesar 176 9048. Nilai tersebut berada dalam interval 137-177 dimana nilai tersebut masuk dalam kualifikasi tinggi yang artinya bahwa peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan oleh Universitas Nusantara PGRI Kediri seiring dengan perubahan organisasi termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis korelasi Berdasarkan hasil analisis di atas diperoleh Probabilitas (Sig.) 0 000 r hitung 0 547 r tabel (0 05 105) 0 190. Karena nilai probabilitas 8804 0 05 yakni 0 000 dan rhitung (0 547) rtabel (0 190) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada hubungan positif (0 547) dan kuat (karena 0 5) antara variabel X (Persepsi Dosen Tentang Perubahan Organisasi) dan Y (Peningkatan Mutu Pendidikan). Disarankan kepada Universitas Nusantara PGRI Kediri hendaknya dalam melaksanakan perubahan pihak yayasan lebih banyak melibatkan pihak luar serta lebih ditingkatkan dan dikembangkan lagi di unit public relationnya agar perkembangan selanjutnya lebih lancar. Dosen Universitas Nusantara PGRI Kediri disarankan agar lebih ditingkatkan lagi peran sertanya karena untuk kedepannya perkembangan-perkembangan yang akan terjadi sebagai tindak lanjut dari perubahan organisasi yang telah terjadi di Universitas Nusantara PGRI Kediri menuntut dosen lebih aktif dalam perubahan khususnya dalam pengaplikasian teknologi informasi serta yang lebih penting adalah adanya kerjasama yang baik antara dosen dan mahasiswa. Dan untuk peneliti lain apabila peneliti lain yang berminat dan yang tertarik oleh hasil penelitian ini maka diharapkan dapat mengkaji lebih lengkap tentang perubahan-perubahan organisasi di dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3187

Actions (login required)

View Item View Item