Analisis perbandingan efisiensi kinerja bank konvensional dan bank syariah dengan metode Data Envelopment Analysis (DEA) tahun 2012-2014 / Irmaniar Astuti Ansori

Ansori, Irmaniar Astuti (2016) Analisis perbandingan efisiensi kinerja bank konvensional dan bank syariah dengan metode Data Envelopment Analysis (DEA) tahun 2012-2014 / Irmaniar Astuti Ansori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ansori, Irmaniar. 2016. Analisis Perbandingan Efisiensi Bank Konvensional dan Bank Syariah dengan Metode Data Envelopment Analysis(DEA)Periode 2012ÔÇö2014. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Hj. Fadia Zen, S.E, M.M, (II) Lulu Nurul Istanti, S.E, M.M, Akt. Kata kunci: kinerja efisiensi, bank konvensional, bank syariah, Data Envelopment Analysis (DEA). Industri perbankan memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan perekonomian yang berfungsi sebagai lembaga intermediasi dalam kegiatan perekonomian, sebagai lembaga moneter, sebagai lembaga penyelenggara sistem pembayaran dan sebagai lembaga pendorong perekonomian nasional. Oleh karena itu, penilaian kinerja efisiensi perbankan menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan parametrik untuk mengukur kinerja efisiensi bank, yaitu dengan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Penelitian ini menggunakan variabel input total simpanan, aset tetap, biaya tenaga kerja; dan menggunakan variabel output total kredit/pembiayaan dan pendapatan operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi kinerja efisiensi bank konvensional dan bank syariah di Indonesia, serta untuk mengetahui perbedaan kinerja efisiensi bank konvensional dan bank syraiah dengan menggunkan Data Envelopment Analysis (DEA) pada tahun 2012ÔÇö2014. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalan 22 bank yang terdiri dari 15 bank konvensional dan 7 bank syariah. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengukur kinerja efisiensi menggunakan metode Data Envelompent Analysis, kemudian melakukan uji normalitas dan selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji beda independent t-testsample. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja efisiensi pada bank konvensional dan bank syariah melalui metode Data Envelopment Analysis (DEA). Tidak terdapatnya perbedaan yang signifikan antara bank konvensional dan bank syariah adalah karena bank merupakan lembaga yang memiliki peraturan yang ketat sehingga seluruh kegiatan operasionalnya harus sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan. Pada bank konvensional dan bank syariah terdapat beberapa regulasi yang sama sehingga menyebabkan kinerja efisiensi bank konvensional dan bank syariah tidak memiliki perbedaan. Akan tetapi, perbankan harus tetap mengoptimalkan input dan outpunya supaya memiliki kinerja efisiensi yang maksimal, dalam hal ini pemerintah dapat mendukungnya dengan membuat arah kebijakan yang berfokus pada peningkatan kegiatan operasional perbankan. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan sampel yang lebih banyak supaya mampu menggambarkan kinerja efisiensi perbankan nasional dan menggunakan BUKU (Bank Umum Kelompok Usaha) sebagai kriteria dalam penentuan sampel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31860

Actions (login required)

View Item View Item