Hubungan antara pendekatan pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa di sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) se-kota Malang / Tatag Murdiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pendekatan pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa di sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) se-kota Malang / Tatag Murdiawan

Murdiawan, Tatag (2011) Hubungan antara pendekatan pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa di sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) se-kota Malang / Tatag Murdiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pendekatan pengelolaan kelas motivasi belajar siswa prestasi belajar siswa. Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting untuk menunjang berdirinya suatu bangsa. Suatu bangsa tanpa pendidikan akan mudah dipengaruhi oleh bangsa lain yang bisa mengakibatkan kehancuran suatu bangsa. Guru yang berkompetensi yaitu guru yang memiliki kinerja tinggi dalam menjalankan amanah keguruannya memiliki kreatifitas tinggi dan selalu memikirkan bagaimana siswanya dapat menguasai ilmu pengetahuan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peranan penting dalam mencetak generasi muda yang tidak semata-mata memiliki prestasi dalam pengetahuan namun juga membekali siswanya keterampilan praktis untuk berkompetisi dalam lapangan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan pendekatan pengelolaan kelas dengan prestasi belajar siswa di SMKN se-Kota Malang (2) hubungan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa di SMKN se-Kota Malang (3) hubungan pendekatan pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa di SMKN se-Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMKN Malang (SMKN 1 SMKN 2 SMKN 3 SMKN 4 SMKN 5 SMKN 6 SMKN 8 SMKN 9 SMKN 10 SMKN 11 dan SMKN 12 Malang) dengan populasi siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMKN Kota Malang yang berjumlah 1447 orang dan yang menjadi sampelnya berjumlah 217 orang . Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas Alpha Cronbanch untuk uji reliabilitas korelasi dan regresi berganda untuk analisis hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan pengelolaan kelas dengan prestasi belajar siswa dengan nilai rhitung 0 811 rtabel 0 133 dan nilai rsquare 65 7% (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa dengan nilai rhitung 0 942 rtabel 0 133 dan nilai rsquare 88 8% serta (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa dengan nilai rhitung 0 951 rtabel 0 133 dan nilai rsquare 90 4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3186

Actions (login required)

View Item View Item