Analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats) dalam menetukan strategi pemasaran UD. Cemarasari Karangsari Kota Blitar / Nita Mayangsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats) dalam menetukan strategi pemasaran UD. Cemarasari Karangsari Kota Blitar / Nita Mayangsari

Mayangsari, Nita (2016) Analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats) dalam menetukan strategi pemasaran UD. Cemarasari Karangsari Kota Blitar / Nita Mayangsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mayangsari Nita. 2016. Analisis SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats) dalam Menentukan Strategi Pemasaran UD. Cemarasari Karangsari Kota Blitar. Skripsi Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Hermawan M.Si. Grad Dip MGT. M.Bus (II) Lohana Juariyah S.E. M.Si. Kata Kunci analisis SWOT strategi pemasaran olahan belimbing Analisis SWOT dapat digunakan sebagai alat untuk menentukan strategi pemasaran terutama di UD. Cemarasari karena usaha tersebut belum mengetahui strategi yang tepat untuk memasarkan produk dan untuk meenghadapi pesaingnya. Sehingga dengan analisis tersebut pemilik usaha akan mengetahui kekuatan kelemahan peluang dan ancaman yang dimiliki oleh UD. Cemarasari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang menjadi kekuatan kelemahan peluang dan ancaman yang dimiliki oleh UD. Cemarasari Kota Blitar (2) mengetahui posisi UD. Cemarasari Kota Blitar berdasarkan analisis SWOT (3) strategi pemasaran yang tepat untuk UD. Cemarasari Kota Blitar berdasarkan analisis SWOT. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode trianggulasi yaitu dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan (1) UD. Cemarasari berdasarkan analisis SWOT memiliki faktor-faktor kekuatan yaitu modal sendiri menggunakan buah belimbing asli sedikit menggunakan bahan pengawet pelayanan pemilik yang baik karyawan yang terlatih harga yang standar dan adanya mesin baru. Faktor-faktor yang menjadi kelemahan yaitu tidak adanya buku laporan keuangan kemasan yang kurang menarik kontinuitas (continuity) tenaga kerja promosi yang kurang gencar daya listrik yang kurang usia produk yang terbatas. Selanjutnya faktor-faktor yang menjadi peluang yaitu adanya kunjungan dari beberapa kalangan prospek pasar luar Kota Blitar meningkatnya permintaan pada saat hari libur prospek pasar di Kota Blitar yang bagus adanya kerjasama dengan pihak luar adanya program satu desa satu produk (one village one product) dari pemerintah masih sedikitnya pelaku usaha. Ancaman UD. Cemarasari yaitu adanya pesaing yang sama dari luar Kota Blitar cuaca yang tidak menentu peraturan pemerintah adanya pasar bebas adanya pesaing yang sama-sama secara tidak langsung merebutkan konsumen (2) posisi UD. Cemarasari berada pada titik X Y (0 50 1 16) (3) strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan di UD. Cemarasari adalah strategi SO (strengths-opportunities) Berdasarkan pembahasan di atas diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) UD. Cemarasari memiliki 13 faktor internal dan 12 faktor eksternal yang dapat digunakan untuk menentukan strategi yang tepat untuk UD. Cemarasari (2) posisi UD. Cemarasari berdasarkan analisis SWOT berada pada kuadran I hal ini dikarenakan selisih kondisi faktor internal 0 50 dan selisih kondisi faktor eksternal 1 16 kondisi ini berarti mendukung strategi agresif (3) strategi yang tepat untuk dilakukan adalah strategi SO (Strengths-Opportunites) dengan cara bekerjasama dengan agen-agen luar Kota Blitar produksi secara terus menerus untuk menjaga pelonjakan permintaan bekerjasama dengan agen-agen yang dekat dengan tempat wisata Kota Blitar dan meningkatkan kualitas layanan ke pengunjung dan ke agen. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) olahan belimbing UD. Cemarasari hendaknya melakukan kerjasama dengan agen-agen atau toko oleh-oleh yang memiliki potensi dalam memperluas jaringan pemasaran agar produk-produk olahan belimbing UD. Cemarasari lebih dikenal oleh masyarakat (2) UD. Cemarasari hendaknya melakukan produksi secara terus menerus dengan selalu menjaga ketersedian bahan baku sehingga dapat mengatasi pelonjakan permintaan (3) pemilik usaha olahan belimbing UD. Cemarasari hendaknya menjaga dengan baik pelayanan yang diberikan ke pengunjung dan ke agen-agen agar mereka dapat bekerjasama dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31851

Actions (login required)

View Item View Item