Sugiharti, Neni (2010) Studi eksplorasi tentang faktor-faktor budaya akademik mahasiswa Universitas Negeri Malang / Neni Sugiharti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sugiharti Neni. 2008. Studi Eksplorasi Tentang Faktor-faktor Budaya Akademik Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M. Pd (II) Drs. Bambang Setyadin M. Pd. Kata kunci faktor-faktor budaya akademik mahasiswa. Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atau biasa disebut Tri Dharma Perguruan Tinggi melibatkan semua unsur civitas academica yang terdiri atas mahasiswa dosen staf dan wali amanah yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan. Mahasiswa sebagai salah satu unsur civitas academica memiliki hak untuk menerima pendidikan pengajaran dan pelayanan akademik dalam rangka pengembangan diri namun dalam rangka pengembangan diri mahasiswa tidak hanya cukup memiliki pengetahuan dan keterampilan tetapi juga sikap mental yang baik. Oleh karena itu mahasiswa dipandang perlu menjunjung tinggi nilai-nilai yang tertanam dan telah membudaya di perguruan tinggi bahkan tidak hanya mahasiswa saja tetapi setiap orang yang melibatkan diri dalam aktivitas akademik harus menjunjung nilai-nilai ini. Nilai-nilai yang tertanam di lingkungan perguruan tinggi tersebut merupakan budaya akademik. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah (1) faktor-faktor apa sajakah yang disebut sebagai budaya akademik mahasiswa universitas negeri malang (UM) (2) di antara faktor-faktor itu faktor apakah yang paling dominan pada budaya akademik mahasiswa UM. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) menemukan faktor-faktor budaya akademik mahasiswa UM (2) mengetahui faktor yang paling dominan pada budaya akademik mahasiswa UM. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode analisis faktor eksploratori. Metode ini dirancang untuk menemukan faktor-faktor yang disebut sebagai budaya akademik mahasiswa UM. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UM sampai dengan semester gasal 2008/2009 kecuali mahasiswa angkatan 2008 (karena mahasiswa angkatan 2008 ini masih baru mengikuti kegiatan akademik sehingga belum bisa diukur budaya akademiknya) yang berjumlah 14.626 orang. Sampel penelitian berjumlah 411 orang yang diambil dengan teknik systematic proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang berisi 123 butir pernyataan yang memiliki reliabilitas sebesar 0 978. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor eksploratori dan analisis deskriptif menggunakan program komputer Statistical Product and Special Services (SPSS) for Windows Version 14.00. Hasil penelitian ini menunjukkan pembentukan faktor-faktor baru dari hasil analisis faktor. Faktor-faktor tersebut adalah (1) lingkungan kondusif (2) interaksi edukatif (3) perilaku perfectionist (4) fokus atensi (5) rasa memiliki lingkungan (6) bebas dari tindak kriminal (7) komunikasi terbuka (8) transformasi saintifik (9) penonjolan identitas (10) aktualisasi diri (11) pengendalian diri (12) sistem meritokrasi (13) disiplin waktu (14) toleransi (15) kemandirian (16) kepedulian terhadap sarana pembelajaran (17) kejujuran (18) partisipasi terhadap aktivitas ilmiah (19) tradisi riset (20) keakraban (21) rutinitas belajar (22) berpacu dalam karya ilmiah (23) pelayanan kesejahteraan (24) berlatih mengemukakan argumentasi (25) kepatuhan aturan (26) integritas moral saintifik (27) konsistensi pada kebenaran objektif (28) solidaritas religius (29) percaya diri (30) setia pada keyakinan (31) penghargaan atas hasil karya dan (32) menjaga kesopanan. Berangkat dari hasil penelitian ini penulis mengemukakan saran yakni (1) bagi pimpinan UM hendaknya pimpinan UM dengan memperhatikan hasil penelitian ini dapat memperbaiki kebijakan-kebijakan yang mengarah kepada peningkatan budaya akademik yang sudah ada serta terus berbenah untuk meningkatkan kualitas seluruh civitas academica dan mendorong civitas academicanya untuk menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai dengan kebenaran ilmiah (2) bagi mahasiswa UM hasil penelitian ini hendaknya bisa menjadi cerminan bagi mahasiswa UM untuk berperan serta secara aktif dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mengembangkan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi demi terciptanya keragaman budaya akademik di lingkungan UM (3) bagi pimpinan Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya melakukan kajian ulang tentang budaya akademik mahasiswa sehingga bisa mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki (4) bagi peneliti lain hendaknya melakukan kajian ulang terhadap hasil penelitian dengan cara menguji kebenaran hasil penelitian ini. Apabila ternyata budaya tersebut benar-benar merupakan budaya akademik mahasiswa UM maka dapat dikembangkan penelitian berikutnya sehingga menghasilkan temuan-temuan baru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |