Persepsi guru tentang pelaksanaan program sertifikasi guru dan hubungannya dengan stres kerja guru di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Plosokaten Kabupaten Kediri / Mohammad Irfan Taufiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru tentang pelaksanaan program sertifikasi guru dan hubungannya dengan stres kerja guru di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Plosokaten Kabupaten Kediri / Mohammad Irfan Taufiq

Taufiq, Mohammad Irfan (2009) Persepsi guru tentang pelaksanaan program sertifikasi guru dan hubungannya dengan stres kerja guru di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Plosokaten Kabupaten Kediri / Mohammad Irfan Taufiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini pendidikan sangat memerlukan figure seorang pendidik yang profesional. Upaya pemerintah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Guru sebagai pendidik yang akan ditingkatkan kualitasnya. Dalam hal ini pemerintah mengeluarkan kebijakan program sertifikasi guru. Kebijakan ini menimbulkan persepsi yang berbeda antar guru. Sebagian menyambut positif dengan kebijakan ini namun ada anggapan negatif terhadap kebijakan ini karena sangat memberatkan dan menjadikan beban bagi guru yang berakibat pada stres kerja. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional menggambarkan variabel-variabel dan menghubungkan dua variabel yaitu persepsi guru terhadap pelaksanaan program sertifikasi dan stres kerja guru. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru baik yang berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil) maupun GTT (Guru Tidak Tetap). Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk angket yang diberikan kepada responden. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Selain dengan angket pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Pengukuran korelasi dalam penelitian ini menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang pelaksanaan program sertifikasi di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri dalam kualifikasi baik dan stres kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri dalam kualifikasi rendah. Ada hubungan yang signifikan antara persepsi guru tentang pelaksanaan program sertifikasi dan hubungannya dengan stres kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil penelitian saran ditujukan kepada 1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri diharapkan meningkatkan kegiatan yang mendukung guru untuk mempersiapkan diri mengikuti sertifikasi guru karena persepsi guru dalam kondisi baik dan terhindar dari stres 2) guru diharapkan mencari informasi sebanyak mungkin tentang program sertifikasi sehingga dapat mempersiapkan diri apabila masuk dalam kuota peserta program sertifikasi guru 3) peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitiannya dengan menambah variabel-variabel lain dan memperluas jangkauan objek penelitian agar kajian tentang program sertifikasi lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3183

Actions (login required)

View Item View Item