Pengelolaan modal kerja pada pengrajin mebel di Desa Sukorejo Bojonegoro / Hesty Hertikawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan modal kerja pada pengrajin mebel di Desa Sukorejo Bojonegoro / Hesty Hertikawati

Hertikawati, Hesty (2016) Pengelolaan modal kerja pada pengrajin mebel di Desa Sukorejo Bojonegoro / Hesty Hertikawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hertikawati Hesty. 2016. Pengelolaan Modal Kerja Pada Pengrajin MebelDi Desa Sukorejo Bojonegoro. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas NegeriMalang. Pembimbing (I) Dr. H. Agung Winarno M.M. (II) H. Subagyo S.E. S.H. M.M. Kata Kunci pengelolaan modal kerja UMKM Bojonegoro merupakan daerah yang memiliki jumlah UMKM yang banyak dan selalu meningkat setiap tahunnya. Banyaknya jumlah UMKM tersebut menghasilkan beragam produk-produk unggulan. Salah satunya terdapat di Sentra Industri Mebel yang berada di Desa Sukorejo Bojonegoro. Aktivitas produksi UMKM tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya modal yang memadai. Modal perlu dikelola agar mampu memberikan kontribusi maksimal bagi usaha. Pengrajin mebel di Sukorejo masih mengelola modal kerja dengan sangat sederhana sebagian besar pengrajin tidak mencatat setiap transaksi yang telah dilakukan. Sehingga jumlah keuntungan yang diperoleh tidak dapat diketahui secara pasti. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui makna modal kerja bagi pengrajin mengetahui cara pengrajin dalam mengelola modal kerjanya dan mengetahui cara pengrajin dalam mengelola keuntungan yang diperoleh. Jenis penelitian inideskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah model Miless dan Huberman. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui observasi dan wawancara langsung dengan pengrajin mebel dan data sekunder diperoleh dari foto-foto.Untuk memeriksa keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengrajin memaknai modal kerja sebagai modal yang digunakan untuk bekerja dan memenuhi keperluan usaha sehari-hari. Komponen modal kerja bagi pengrajin meliputi sumber daya manusia tingkat kepercayaan pelanggan dan uang. Dalam mengelola modal kerjanya pengrajin mengatur waktu pengiriman barang dan dengan memanfaatkan aktiva tetap yang dimiliki. Selanjutnya dalam mengelola keuntungan yang diperoleh pengrajin menggunakannya untuk diputar kembali menjadi modal kerja untuk dana cadangan dan untuk mengembangkan usaha dengan cara menambah aktiva tetap perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31827

Actions (login required)

View Item View Item