Cindi, Mery Cindi (2023) Hubungan antara dimensi kepribadian ekstrovert dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa smkn 8 malang / Mery Cindi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Cindy Mery. 2023. Hubungan Antara Dimensi Kepribadian Ekstrovert dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa di SMKN 8 Malang. Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas negeri Malang. Pembimbing (I) Drs Djoko Budi Santoso M.Pd. (II) Devy Probowati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kepribadian Ekstrovert Keterampilan Komunikasi Interpersonal Komunikasi interpersonal (antar pribadi) merupakan hal yang perlu diperhatikan pada siswa karena merupakan komponen utama siswa dalam berkomunikasi. Faktor yang menyebabkan rendahnya keterampilan komunikasi interpersonal siswa antara lain adalah keprcayaan diri kepribadian kecerdasan emosi konsep diri dan keterbukaan. Hal tersebut memberikan dampak pada siswa menjadi sulit untuk berkomunikasi dengan teman-teman serta sulit untuk menjalin pertemanan salah satu faktor yang membuat siswa sulit melakukan komunikasi adalah kepribadian yang dimiliki setiap siswa. Faktor yang mempengaruhi kepribadian antara lain aktifitas kesukaan bergaul mengambil resiko dorongan hati menyatakan perasaan kedalaman berfikir dan tanggung jawab. Kepribadian merupakan sifat-sifat yang melekat pada diri individu. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dimensi kepribadian ekstrovert dengan keterampilan komunikasi interpersonal. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan model penelitian kuantitatif non eksperimen dengan desain deskriptif korelasional. Populasi yang diambil sejumlah 207 siswa perwakilan seluruh Angkatan kelas siswa SMKN 8 Malang dengan sampel 144 siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan dua skala penelitian yang diadaptasi dari penelitian sebelumnya dan terdiri dari skala kepribadian ekstrovert yang berisi 12 item pertanyaan dan skala keterampilan komunikasi interpersonal yang berisi 34 item pertanyaan. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data penelitian ini adalah teknik analisis korelasi sederhana dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic for Windows 24 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 74 siswa yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal rendah dan sejumlah 70 siswa memiliki keterampilan komunikasi interpersonal sangat rendah. Dari penelitian ini didapati hasil bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara kepribadian ekstrovert dengan keterampilan komunikasi interpersonal diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 003(p lt 0 05) dengan nilai (r) 0 243 dengan sumbangan efektif sebesar 5 9%. Hal tersebut berarti bahwa Ha diterima dengan penjelasan terdapat hubungan antara kepribadian ekstrovert dengan keterampilan komunikasi interpersonal. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi sebuah informasi bagi Guru BK terkait keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Saran yang diberikan pada koselor/guru BK adalah mampu untuk mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa agar lebih baik dan memudahkan siswa untuk menjalani aktivitas bersama teman sebayanya dikelas maupun dengan guru. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi sebuah kajian literasi juga sumber rujukan untuk peneliti selanjutnya dalam mengkaji dan mendalami mengenai kepribadian ekstrovert dan komunikasi interpersonal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 04:29 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 01:16 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/318259 |
Actions (login required)
View Item |