Khoirunnisa, Amalia Khoirunnisa (2024) Efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan growth mindset siswa madrasah aliyah / Amalia Khoirunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Growth mindset yakni jenis pola pikir yang meyakini bahwa kesuksesan dapat dicapai melalui usaha dan sangat penting bagi siswa karena dapat membantu meningkatkan keterlibatan akademik motivasi belajar pantang menyerah menghadapi tantangan. Hasil obeservasi yang dilakukan oleh peneliti di MAN 2 Malang mengungkapkan bahwa setiap hari selalu terdapat 10-30 siswa terlambat makan di kelas mengobrol di kelas dan membolos yang telah dikonfirmasi oleh guru-guru di MAN 2 Malang yang didasarkan pengalaman mengajar. Fenomena tersebut menunjukkan bahwa growth mindset siswa di sekolah itu perlu dikembangkan karena siswa belum melakukan perjuangan secara maksimal agar dapat melawan tantangan akademik ketika dihadapkan dengan masalah. Selain itu guru BK di sekolah tersebut belum pernah memberikan informasi mengenai growth mindset padahal growth mindset sangat penting sehingga perlu adanya bimbingan untuk membantu proses perkembangan bagi siswa. Growth mindset adalah jenis keyakinan yang berhubungan dengan pemikiran (mindset) sehingga perlu adanya teknik yang melibatkan cara berpikir. Problem solving merupakan sebuah usaha menemukan alternatif solusi dari suatu permasalahan yang melibatkan prosedur berpikir analitis yakni identifikasi masalah pengumpulan informasi relevan pemilihan strategi yang tepat dan implementasi solusi yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan menguji efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk mengembangkan growth mindset siswa MAN 2 Malang. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimental dalam one-group pretest ndash posttest design. Sampel yang diambil yakni sebanyak 8 siswa kelas X-1 MAN 2 Malang melalui simple random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan Statistic SPSS 25. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif untuk meningkatkan growth mindset karena hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0 012 lt 0 05 yang artinya hipotesis penelitian ini diterima. Adapun saran penelitian yakni (1) Penelitian ini bisa dijadikan referensi bagi konselor atau guru BK di sekolah dalam melaksanakan layanan yang lebih komprehensif sesuai dengan perkembangan teknologi (2) Bagi siswa disarankan untuk selalu bersikap optimis serta tekun dalam menghadapi setiap rintangan dan memiliki keyakinan bahwa kemampuan dapat ditingkatkan melalui kerja keras (3) Penelitian ini juga akan lebih baik lagi jika pada penelitian selanjutnya menggunakan kelompok kontrol untuk mengetahui perbandingan siswa yang menerima treatment dan siswa yang tidak menerima treatment.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/318228 |
Actions (login required)
View Item |