Pengaruh promosi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian di e-commerce: studi kasus mahasiswa fakultas ilmu sosial / Dwi Febriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh promosi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian di e-commerce: studi kasus mahasiswa fakultas ilmu sosial / Dwi Febriani

Febriani, Dwi Febriani (2024) Pengaruh promosi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian di e-commerce: studi kasus mahasiswa fakultas ilmu sosial / Dwi Febriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan belanja merupakan salah satu kegiatan dasar yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan setiap individu. Kegiatan belanja tidak lepas dengan proses pengambilan keputusan konsumen. Di era sekarang kegiatan belanja sudah semakin maju hanya dengan handphone kegiatan belanja sudah dapat dilakukan. Dengan kemudahan tersebut tidak jarang pula individu menjadi konsumtif karena lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian mahasiswa secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang angkatan 2020-2023. Metode kuantitatif dengan jenis eksplanatori digunakan dalam penelitian. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 344 orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial maupun simultan antara promosi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian mahasiswa di e-commerce Shopee. Berdasarkan uji hipotesis menunjukan bahwa promosi berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian dan gaya hidup berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian. Secara bersama-sama promosi dan gaya hidup memberikan pengaruh sebesar 54 1% terhadap keputusan pembelian. Sedangkan sisanya sebesar 46 9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Disarankan untuk peneliti selanjutnya mempertimbangkan penambahan variabel lain seperti brand image kemudahan serta harga yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/318209

Actions (login required)

View Item View Item