Efektivitas model project based learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi ekonomi kreatif di mts negeri 2 kota malang / Tita Kinasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model project based learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi ekonomi kreatif di mts negeri 2 kota malang / Tita Kinasih

Kinasih, Tita Kinasih (2024) Efektivitas model project based learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi ekonomi kreatif di mts negeri 2 kota malang / Tita Kinasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran pada tahun 2024 lebih menekankan pada keterlibatan siswa yang bertujuan agar mereka dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Keterampilan kolaborasi dianggap sebagai salah satu kemampuan utama di abad ke-21. Keterampilan ini dianggap dapat mendorong partisipasi aktif siswa baik di ruang kelas maupun proyek kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai keefektifan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis eksperimen semu. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 siswa yang terdiri atas 29 siswa di kelas IX A dan 29 siswa di kelas IX E MTs Negeri 2 Kota Malang. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner sedangkan analisis data menggunakan uji hipotesis independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek memberikan efek menguntungkan terhadap keterampilan kolaboratif siswa. Menerapkan model pembelajaran berbasis proyek menumbuhkan keterlibatan siswa yang lebih besar dalam komunikasi dan lebih bertanggung jawab atas tugas atau masalah yang diberikan. Keterbatasan penelitian ini terdapat pada responden penelitian. Responden penelitian kurang responsif dalam mengisi kuesioner penentuan sampel penelitian. Penelitian ini menyarankan agar model pembelajaran berbasis proyek dapat berfungsi sebagai model pembelajaran alternatif yang secara khusus menargetkan peningkatan keterampilan kolaboratif siswa. Selain itu studi lebih lanjut mungkin dilakukan untuk menyelidiki model pembelajaran berbasis proyek sambil mempertimbangkan karakteristik tambahan yang relevan dengan abad ke-21.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/318205

Actions (login required)

View Item View Item