Upaya guru sebagai fasilitator untuk meningkatkan sikap disiplin peserta didik dalam pembelajaran ips / Allis Yuning Tyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru sebagai fasilitator untuk meningkatkan sikap disiplin peserta didik dalam pembelajaran ips / Allis Yuning Tyas

Tyas, Allis Yuning Tyas (2024) Upaya guru sebagai fasilitator untuk meningkatkan sikap disiplin peserta didik dalam pembelajaran ips / Allis Yuning Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kedisiplinan merupakan hal yang penting karena dapat mempengaruhi keberhasilan peserta didik. Namun sayangnya masih ditemui banyak peserta didik yang tidak disiplin di lingkungan sekolah. Adanya ketidakdisiplinan mengakibatkan menurunnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu artikel ini bertujuan untuk mengkaji faktor penyebab peserta didik tidak disiplin dan menganalisis upaya guru di SMP Negeri 1 Dau sebagai fasilitator untuk meningkatkan sikap disiplin peserta didik dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 3 guru IPS dan 6 peserta didik sebagai informan penelitian. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles et al. . Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab peserta didik tidak disiplin karena faktor dari diri sendiri dan pengaruh lingkungan. Upaya guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan sikap disiplin peserta didik dilakukan dengan cara menyediakan kelas dengan suasana yang menyenangkan dan memberikan pengalaman belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/318197

Actions (login required)

View Item View Item