Alfaqnia, Sheila (2024) Pengembangan mobile learning naracy (financial literacy) sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SMP / Sheila Alfaqnia</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
A B S T R A K Revolusi industri 4.0 ditandai dengan disrupsi teknologi yang mempunyai pengaruh erat terhadap sistem pendidikan. Salah satu implementasi orientasi teknologi dalam proses pembelajaran yang difasilitasi oleh guru adalah melalui sumber belajar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk mobile learning NARACY sebagai media pembelajaran penunjang kegiatan materi literasi keuangan siswa kelas IX SMP. Penelitian ini menggunakan metode Research amp Development (R amp D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan total persentase skor validator materi sebesar 91 6% dan validator media sebesar 95%. Sedangkan hasil uji coba pada calon pengguna atau siswa kelas IX diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 93%. Berdasarkan hasil tersebut maka aplikasi NARACY sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS kelas IX SMP. Penelitian dan pengembangan ini diharapkan dapat menjadi media pendukung pembelajaran inovatif yang dapat digunakan oleh guru dan siswa serta diharapkan dapat memfasilitasi gaya belajar siswa yang beragam. Saran untuk penelitian selanjutnya antara lain menguji keefektifan produk dengan melakukan kegiatan eksperimen di dalam kelas dan menyediakan berbagai fitur bertema pada produk serta dapat disebarluaskan melalui platform Google PlayStore.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/318193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |