Penerapan case method untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii smpn 2 tumpang pada materi ips interaksi dan lembaga sosial / Farah Afiqah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan case method untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii smpn 2 tumpang pada materi ips interaksi dan lembaga sosial / Farah Afiqah

Afiqah, Farah (2024) Penerapan case method untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii smpn 2 tumpang pada materi ips interaksi dan lembaga sosial / Farah Afiqah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektifitas penerapan case method untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Tumpang pada materi IPS interaksi dan lembaga sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Tumpang yang terdiri dari 7 kelas paralel dan sampel penelitian adalah 2 kelas sebagai kelas eksperimen (VIIB) dan kontrol (VIIC) yang masing-masing terdiri dari 32 orang siswa. Untuk mengukur perbedaan hasil belajar dalam perlakuan yang diterapkan digunakan instrumen tes. Tes yang digunakan berjumlah 10 soal dengan 7 soal pilihan ganda sederhana dan 3 soal berbentuk pilihan ganda kompleks yang digunakan pada sebelum dan setelah perlakuan. Capaian hasil belajar yang didapatkan dari tes dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaannya. Dari hasil analisis didapatkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi interaksi dan lembaga sosial. Kelas eksperimen dengan selisih kenaikan rerata hasil belajar sebesar 28 9% dan kelas eksperimen dengan selisih kenaikan rerata hasil belajar sebesar 13%. Keterbatasan penelitian ini hanya diimplementasikan dalam satu siklus penelitian dengan karakter siswa dari sekolah di kawasan Kabupaten Malang sehingga tidak dapat menyimpulkan efektifitasnya secara umum dari aspek subjek pebelajar. Oleh karena itu direkomendasikan untuk dapat melaksanakan eksperimen pararel dengan menyesuaikan dengan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:29
Last Modified: 22 Oct 2024 03:51
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/318188

Actions (login required)

View Item View Item