Pemahaman guru terkait implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak smp negeri 3 batu / Ike Fildzah Agestina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman guru terkait implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak smp negeri 3 batu / Ike Fildzah Agestina

Agestina, Ike Fildzah (2024) Pemahaman guru terkait implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak smp negeri 3 batu / Ike Fildzah Agestina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka di sekolah penggerak SMP Negeri 3 Batu dan pelaksanaan guru dalam mengimplementaskan kurikulum merdeka di sekolah penggerak SMP Negeri 3 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada pengumpulan data secara deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi terhadap kepala sekolah koordinator P5 dan guru sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan (1) terkait pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka 80% (8 dari 10) guru memiliki pemahaman yang baik terkait definisi tujuan karakteristik dan standar implementasi kurikulum merdeka. Namun terdapat perbedaan pemahaman antara guru kelas 9 dengan guru kelas 7 dan 8 karena guru kelas 9 baru saja mengimplementasikan kurikulum merdeka di tahun 2023 (2) terkait pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP Negeri 3 Batu dibagi menjadi 3 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Dalam menyusun bahan ajar 60% guru yang menjadi informan masih menggunakan buku paket kurikulum 2013 sebagai acuan. Buku tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dengan kurikulum merdeka. Dalam pelaksanaannya guru sudah memunculkan pembelajaran berdiferensiasi dan kebebasan dalam menagajar. Pada pembelajaran P5 dilaksanakan menggunakan sistem blok. Tahap penilaian pada pembelajaran intrakukikuler dilakukan dengan asesmen formatif dan sumatif sedangkan penilaian pada pembelajaran P5 menggunakan rubrik penilaian dan pengamatan karakter siswa. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yang berkenan melakukan penelitian serupa perlu dilakukan penelitian terkait evaluasi pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan oleh guru. Hal tersebut bertujuan untuk memperluas lingkup penelitian karena lingkup penelitian ini hanya berfokus pada pemahaman guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:29
Last Modified: 23 Oct 2024 01:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/318171

Actions (login required)

View Item View Item