Analisis makna simbolik tradisi Sedekah Budaya di Desa Ngendut Kecamatan Balong / Kusnul Khotimah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis makna simbolik tradisi Sedekah Budaya di Desa Ngendut Kecamatan Balong / Kusnul Khotimah</p>

Khotimah, Kusnul (2024) Analisis makna simbolik tradisi Sedekah Budaya di Desa Ngendut Kecamatan Balong / Kusnul Khotimah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tradisi bersih desa merupakan salah satu bagian dari kepercayaan dinamisme yang masih dilaksanakan hingga saat ini dan dilaksanakan secara turun temurun meskipun sudah berkembang agama lain. Salah satu tradisi bersih desa yang masih eksis dilaksanakan di daerah Ponorogo yakni tradisi sedekah budaya. Sedekah budaya merupakan tradisi tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Ngendut Kecamatan Balong. Tradisi ini dilaksanakan pada setiap tanggal 27 Agustus dan dilaksanakan secara meriah setiap tahunnya namun tetap sarat akan makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah tradisi sedekah budaya dan menganalisis makna tradisi sedekah budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di Desa Ngendut Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tradisi sedekah budaya dilaksanakan dengan enam tujuan yakni a) untuk memperingati hari jadi Desa Ngendut b) untuk mengenang sejarah perpindahan kecamatan sementara dari Desa Balong ke Desa Ngendut c) untuk mensyukuri nikmat berupa hasil bumi yang melimpah d) untuk memohon keselamatan supaya terhindar dari marabahaya e) untuk memperkokoh persatuan masyarakat Desa Ngendut dan f) untuk melestarikan budaya di Desa Ngendut. Makna simbolik dalam tradisi ini terkandung pada penggunaan ubo rampe sesaji dan prosesi pelaksanaan tradisi yang mengandung nilai-nilai kebaikan seperti mensyukuri nikmat Allah kebersamaan kerukunan kerja sama dan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/318170

Actions (login required)

View Item View Item