Izza, Prisma Rohmanniatul Izza (2023) Pemahaman guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi di smp negeri 5 kepanjen / Prisma Rohmanniatul Izza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi direkomendasikan untuk diterapkan pada pelaksanaan kurikulum merdeka. Pemahaman terhadap pembelajaran berdiferensiasi merupakan langkah awal yang harus dipenuhi oleh setiap stakeholder yang terlibat dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 5 Kepanjen. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri 12 dari informan meliputi satu informan pendukung yaitu wakil kepala sekolah dan informan kunci meliputi 11 guru kelas VII di SMPN 5 Kepanjen. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles and Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 92% (11 dari 12) guru sudah memahami terkait pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan hasil kajian penelitian meliputi definisi tujuan karakteristik prosedur dan standar penilaian. Namun demikian terdapat miskonsepsi antara pemahaman guru dan implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yang berkenan melakukan penelitian serupa perlu dilakukan penelitian terkait problematika guru dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Hal tersebut bertujuan untuk memperluas kembali lingkup penelitian dikarenakan lingkup penelitian ini hanya berfokus kepada pemahaman guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/318168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |