Rahmadita, Tasya Arifah Rahmadita (2023) Peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa pada pembelajaran ips melalui model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) / Tasya Arifah Rahmadita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Banyak siswa yang masih memiliki keterampilan berkomunikasi yang rendah. Salah satunya yaitu siswa kelas 8I SMPN 13 Malang. Maka dari itu penulis berniat melakukan penelitian dengan tujuan mengatasi masalah rendahnya keterampilan berkomunikasi yang dimiliki siswa kelas 8I SMPN 13 Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan MC taggart. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan yang terakhir yaitu tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil nilai skor siswa pada saat mempresentasikan hasil proyek yang telah dihasilkan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan komparatif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi yang dimiliki oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan semestinya guru dapat menggunakan model pembelajaran berbasis proyek sehingga kualitas keterampilan berkomunikasi siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/318157 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |