Hubungan pembinaan profesional oleh kepala sekolah dan prestasi kerja guru di SMAN se-kota Kediri / Renny Dewi Ambar Mukti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pembinaan profesional oleh kepala sekolah dan prestasi kerja guru di SMAN se-kota Kediri / Renny Dewi Ambar Mukti

Mukti, Renny Dewi Ambar (2009) Hubungan pembinaan profesional oleh kepala sekolah dan prestasi kerja guru di SMAN se-kota Kediri / Renny Dewi Ambar Mukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembinaan Profesional merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka menciptakan profesionalisme guru. Pemerintah maupun Kepala sekolah telah banyak melakukan upaya pembinaan kepada guru melalui berbagai cara. Beberapa teknik yang dilakukan dalam kegiatan pembinaan profesional yaitu kunjungan kelas rapat guru pertemuan pribadi dan pertemuan kelompok kerja guru dan sebagainya. Prestasi kerja guru sebagai faktor penentu peningkatan mutu pelaksanaan pendidikan di suatu sekolah. Maka dari itu perlu dikembangkan kemampuan profesional guru. Perkembangan kemampuan profesional guru dapat dibina melalui suatu kegiatan pembinaan profesional. Dapat dikatakan bahwa hubungan antara pembinaan profesional oleh kepala sekolah dan prestasi kerja guru sangat erat dan berkesinambungan karena dengan pembinaan profesional guru maka mutu pendidikan suatu sekolah dapat meningkat. Dengan kata lain untuk mencapai tingkat mutu pendidikan yang tinggi sesuai tujuan yang dicapai guru perlu memiliki tingkat kemampuan dan keterampilan yang tinggi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Sebarapa tingkat pembinaan profesional oleh kepala sekolah di SMA Negeri se-Kota Kediri (2) Sebarapa tingkat prestasi kerja guru di SMA Negeri se-Kota Kediri (3) Adakah hubungan pembinaan profesional oleh kepala sekolah dan prestasi kerja guru di SMA Negeri Se-Kota Kediri. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat pembinaan profesional oleh kepala sekolah di SMAN se-Kota Kediri (2) mengetahui tingkat prestasi kerja guru di SMAN se-Kota Kediri dan (3) mengetahui hubungan pembinaan profesional oleh kepala sekolah dan prestasi kerja guru di SMAN se- Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan di SMAN se-Kota Kediri. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini terdiri dari pembinaan profesional sebagai variabel bebas dan prestasi kerja sebagai variabel terikat. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif korelasional dengan menggunakan analisis dari Pearson Product Moment. Dengan tujuan untuk mengetahui hubungan pembinaan profesional oleh kepala sekolah dan prestasi kerja guru di SMAN se- Kota Kediri. Populasi penelitian ini adalah guru SMAN di Kota Kediri yang berjumlah 526 orang guru. Jumlah sampelnya adalah 217 orang guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling (sampel proporsional). Sedangkan instrumen pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket. Skala yang digunakan Skala Likert dengan 4 pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan estimasi. Teknik analisis yang dipilih adalah deskriptif persentase dan korelasi Pearson Product Moment. Analisis data dilakukan dengan bantuan komputer yaitu program SPSS 15.0 for windows.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai r hitung sebesar0 534 sehingga dapat disimpulkanbahwa ada hubungan yang signifikan antara pembinaan profesional dan pretasi kerja guru di SMAN se-Kota Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pembinaan profesional guru di SMAN se-Kota Kediri berada pada kategori tinggi. Adapun Prestasi Kerja Guru di SMAN se-Kota Kediri berada pada kategori sangat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pembinaan profesional oleh kepala sekolah dan prestasi kerja guru di SMAN se-Kota Kediri. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada (1) kepala sekolah agar dapat melaksanaka pembinaan profesional secara rutin di sekolah baik dengan teknik individual dan teknik kelompok karena hal ini memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi kerja guru (2) para guru diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi kerja agar kualitas mutu pendidikan disekolah kualitas lulusan dan kemajuan sekolah tempat dimana para guru dalam penelitian ini bekerja dapat meningkat dan untuk penelitian lebih lanjut dengan memperbanyak variabel penelitian maupun pengembangan metode yang akan digunakan dalam penelitian (3) jurusan Administrasi Pendidikan dapat menambah referensi baik berupa buku pedoman maupun hasil penelitian mengenai pembinaan profesional dan prestasi kerja guru untuk mengembangkan jurusan (4) hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai acuan apabila mahasiswa dan peneliti lain berminat meneliti lebih lanjut tentang pembinaan profesional dan prestasi kerja guru dengan variabel populasi yang berbeda serta instrumen yang tidak hanya mengambil dari persepsi guru namun juga mencakup sudut pandang pimpinan teman sejawat dan murid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3181

Actions (login required)

View Item View Item