Nugroho, Ilham Mito Nugroho (2023) Pengaruh harga, pelayanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian jasa grabbike oleh mahasiswa di kota malang / ILHAM MITO NUGROHO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Transportasi merupakan suatu sarana yang penting dalam mendukung aktivitas dan mobilitas kehidupan masyarakat. Bentuk aktivitas dan mobilitas tersebut seperti melakukan kegiatan perekonomian pendidikan bekerja pengiriman barang dan angkutan penumpang. Adanya transportasi dapat memunculkan berbagai peluang usaha salah satunya adalah jasa GrabBike. Untuk memasarkan jasanya GrabBike menggunakan beberapa strategi pemasaran di antaranya harga pelayanan dan promosi. Di Kota Malang GrabBike memiliki kompetitor perusahaan transportasi online lain yang juga memiliki strategi bauran pemasaran. Berdasarkan survei Top Brand Aword jumlah pengguna jasa transportasi online di dominasi oleh perusahaan transportasi online selain Grab. Alasan peneliti memilih penelitian ini karena jumlah driver GrabBike di Kota Malang semakin banyak namun jumlah pengguna GrabBike saat ini lebih sedikit daripada pengguna jasa transportasi online lainnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh harga pelayanan dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian jasa GrabBike oleh mahasiswa di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna GrabBike di Kota Malang. Sedangkan jumlah sampelnya ditentukan dengan rumus Isac Michel yang hasilnya 138 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode penilaian skala Likert. Uji kelayakan instrumen yang dilaksanakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Selanjutnya peneliti melakukan uji asumsi klasik didukung dengan uji korelasi berganda dan uji koefisien determinasi. Sedangkan uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti yaitu melalui uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna jasa GrabBike didominasi oleh perempuan dengan persentase 80%. Hasil uji parsial menyatakan nilai thitung harga (2 297) pelayanan (5 490) dan promosi (4 603) sehingga nilai thitung gt ttabel 1 977. Masing-masing variabel memiliki nilai signifikansi lt 0 05. Dapat disimpulkan hipotesis pengaruh secara parsial H01 H02 H03 ditolak dan Ha1 Ha2 Ha3 diterima. Artinya harga pelayanan dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian GrabBike oleh mahasiswa di Kota Malang. Sedangkan uji simultan menyatakan nilai Fhitung 41 068 gt Ftabel 2 672 dan nilai signifikansi 0 000 lt 0 05. Hipotesis secara simultan menyatakan H04 ditolak dan Ha4 diterima. Artinya ada pengaruh positif dan signifikan antara harga pelayanan dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian jasa GrabBike oleh mahasiswa di Kota Malang. Uji koefisien determinasi memiliki persentase 47 9%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/318060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |