Pendidikan moral: upaya pendidikan remaja di panti asuhan aisyiyah kota malang / Fitri Nur Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan moral: upaya pendidikan remaja di panti asuhan aisyiyah kota malang / Fitri Nur Afifah

Afifah, Fitri Nur Afifah (2023) Pendidikan moral: upaya pendidikan remaja di panti asuhan aisyiyah kota malang / Fitri Nur Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan moral merupakan upaya yang sangat penting dilakukan untuk mengarahkan individu agar memiliki perilaku yang sesuai dan dinilai baik oleh masyarakat sekitar sehingga terhindar dari tindakan amoral. Remaja merupakan masa yang membutuhkan pendampingan serta kontrol pengawasan lebih khususnya terkait pada moral. Hal tersebut diperlukan karena pada dasarnya remaja sangat rentan menjadi korban dari kemerosotan kualitas moral yang terjadi saat ini. Panti asuhan menjadi salah satu lembaga kesejahteraan sosial yang bertujuan memberikan pelayanan sosial termasuk dalam hal membina moral anak asuhnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan moral yang terjadi di Panti Asuhan menganalisis upaya yang diterapkan panti asuhan dalam menyelesaikan permasalahan moral serta menganalisis dampak dari upaya yang telah dilakukan panti asuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Kota Malang. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis model interaktif Miles amp Huberman yaitu meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat permasalahan moral yang dialami yaitu perilaku anak asuh yang kurang sopan yang meliputi berkata kasar dan kotor berbohong membangkang serta senioritas yang negatif. Kemudian pelanggaran peraturan yang meliputi berkelahi pacaran dan mencuri serta kurangnya kepekaan sosial. Sedangkan untuk upaya yang dilakukan dalam membina moral yaitu melalui pendidikan akhlak pendidikan ketrampilan pemberian sanksi serta penerapan sistem ketua kamar. Upaya pendidikan tersebut menjadikan anak asuh berusaha bertutur kata yang baik dan tidak berkata kasar ataupun kotor anak asuh lebih berhati-hati dalam berprilaku sehingga senantiasa lebih baik dan sopan disiplin dan mematuhi semua peraturan dan kegiatan panti asuhan peka dan peduli pada lingkungan sekitarnya lebih berusaha jujur dalam segala hal termasuk pada pengasuh maupun sesama anak asuh menjadikan anak asuh lebih taat dan tidak membangkang lagi serta anak asuh lebih membatasi diri agar tidak terpancing emosi sehingga tidak terjadi perkelahian. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan upaya pendidikan moral dalam menangani tindakan amoral yang terjadi pada anak asuh di panti asuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Dec 2023 04:29
Last Modified: 24 Sep 2024 09:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/318057

Actions (login required)

View Item View Item