Aisyah, Dewi (2023) Pengembangan game edukasi siaga pada pembelajaran ips kelas viii / Dewi Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sering kali peserta didik merasakan bosan terhadap pembelajaran IPS di sekolah. Oleh sebab itu diperlukan media pembelajaran yang mampu memotivasi peserta didik dalam pembelajaran. Salah satunya adalah game edukasi. Daya tarik utama game edukasi yaitu peserta didik dapat belajar sambil bermain sehingga proses penyampaian materi pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi SIAGA pada pembelajaran IPS kelas VIII. Metode pengembangan yang dipakai dalam ini yaitu model ADDIE. Data penelitian ini didapatkan dari uji validasi oleh 3 orang ahli dalam bidangnya dan uji coba secara terbatas kepada calon pengguna sebanyak 27 peserta didik. Hasil dari uji validasi yaitu penilaian dari ahli konten mendapatkan interpretasi layak ahli bahasa mendapatkan interpretasi sangat layak dan ahli media mendapatkan interpretasi sangat layak. Adapun hasil uji coba dalam penelitian ini mendapatkan interpretasi sangat layak. Hasil tersebut didukung oleh ketuntasan hasil belajar peserta didik mendapatkan interpretasi baik. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa game edukasi SIAGA sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPS sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Peneliti selanjutnya diharapkan mampu untuk menguji coba produk dalam skala yang lebih luas untuk mengukur keefektifan media terhadap hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 08:32 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/318056 |
Actions (login required)
View Item |