Kompetensi profesional guru dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V di SDN Polehan 2 Malang / Mahendrawan Nugraha Aji Pratama

Pratama, Mahendrawan Nugraha Aji (2012) Kompetensi profesional guru dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V di SDN Polehan 2 Malang / Mahendrawan Nugraha Aji Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Kompetensi profesional guru, pembelajaran IPS Dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan Nasional maka dibutuhkan peran pendidik yang profesional. Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, jabatan guru sebagai pendidik merupakan jabatan profesional. Berbagai kendala yang dihadapi sekolah terutama di daerah luar kota, umumnya mengalami kekurangan guru yang sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan subjek atau bidang studi yang sesuai dengan latar belakang guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru masih belum menggunakan media pembelajaran berbasis IT dalam pembelajarannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diambil meliputi : kompetensi profesional guru dalam pembelajaran IPS dan kegiatan pembelajaran IPS kelas V di SDN Polehan 2 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial guru kelas V SDN Polehan 2 Malang, dapat disimpulkan bahwa guru sudah cukup professional. Hal tersebut dibuktikan dengan terlaksananya komponen instrumen penilaian kinerja guru dalam hal penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran, dan penguasaan standard kompetensi, dan kompetensi dasar mata pelajaran, mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif, usaha dalam mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan reflektif. Sedangkan dalam usaha memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri, guru kelas V di SDN Polehan 2 Malang jarang dilakukan dalam proses pembelajaran secara khusus karena keterbatasan kemampuan guru dalam hal teknologi, tetapi secara umum sudah dilakukan. Hal ini disebabkan karena kedua narasumber merupakan guru yang sudah berusia 50 tahun ke atas, dan baru mulai belajar menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi kurang lebih 1 tahun terakhir. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan guru meningkatkan pemahaman mengenai prinsip-prinsip penggunaan media, meningkatkan kemampuan dalam menggunakan media berbasis IT. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti kursus atau workshop dalam meningkatkan kemampuan dalam menggunakan media, khususnya media untuk pembelajaran berbasis IT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item View Item