Purwaningsih, Hidayatul Umma Ingrit Purwaningsih (2024) Implementasi keterampilan abad 21 pada pembelajaran sejarah dalam kerangka kurikulum merdeka di sma negeri 3 jombang / Hidayatul Umma Ingrit Purwaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Di era abad ke-21 ini kita dihadapkan pada berbagai tantangan yang kompleks. Untuk menjawab tantangan tersebut dunia pendidikan mempunyai peran penting dalam mewujudkan dan menyiapkan sumber daya manusia unggul yang dapat menghadapi tantangan peradaban. Untuk itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia memperkenalkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini memberikan sekolah kewenangan untuk mengembangkan pembelajaran sesuai dengan karakteristik mereka dengan tujuan menciptakan lulusan yang tidak hanya unggul dalam pengetahuan akademik tetapi juga memiliki keterampilan abad 21. Pada bidang akademik peserta didik dapat memperoleh keterampilan tersebut melalui proses pembelajaran di sekolah yang meliputi pula pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sejarah yang menerapkan keterampilan abad 21 dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Di samping itu peneliti juga ingin mengetahui tantangan yang dihadapi dalam menerapkan keterampilan abad 21. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif yang berupa deskripsi tentang implementasi keterampilan abad 21 pada pembelajaran sejarah dalam kerangka Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Jombang. Data dikumpulkan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis secara kontinu melalui proses pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa implementasi keterampilan abad 21 pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Jombang berjalan efektif. Peserta didik menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam berpikir kritis dan pemecahan masalah komunikasi kreativitas dan kolaborasi. Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran aktif seperti studi kasus presentasi dan proyek kreatif yang mendorong peserta didik untuk terlibat secara aktif dan mengembangkan keterampilan abad 21. Namun penelitian ini juga megidentifikasi beberapa tantangan dalam penerapan keterampilan abad 21 pada pembelajaran sejarah. Tantangan tersebut meliputi keterbatasan fasilitas pendukung dan kebutuhan untuk pelatihan lebih lanjut bagi guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang inovatif. Selain itu terdapat juga kendala dalam memastikan setiap peserta didik berpartisipasi secara aktif dan tidak hanya bergantung pada anggota kelompok lainnya dalam kegiatan kolaboratif. Untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut perlu dilakukan upaya kolaboratif antara guru dan peserta didik. Peningkatan pemahaman guru melalui pelatihan dan pembinaan penyesuaian pendekatan pembelajaran dengan keberagaman peserta didik penerapan metode evaluasi yang beragam dan meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dapat menjadi solusi untuk mengatasi tantangan dalam mengimplementasikan keterampilan abad 21 pada pembelajaran sejarah. Secara keseluruhan penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana keterampilan abad 21 dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran sejarah di sekolah menengah atas dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan penyusunan kebijakan pendidikan yang mendukung penguatan keterampilan abad 21 di sekolah-sekolah Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/317922 |
Actions (login required)
View Item |