Pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually and Repetition (AIR) terhadap keaktifan belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lamongan / Faradina Khansa</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually and Repetition (AIR) terhadap keaktifan belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lamongan / Faradina Khansa</p>

Khansa, Faradina (2024) Pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually and Repetition (AIR) terhadap keaktifan belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lamongan / Faradina Khansa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan IPTEK saat ini menjadikan salah satu tantangan meningkatnya kompetensi yang harus dicapai oleh siswa. Menghadapi tantangan pada abad ke-21 seperti berpikir kritis komunikasi kreativitas dan kolaborasi bersama teman sejawat diperlukan pendidikan menengah atas. Pendidikan menengah atas (SMA) memberikan siswa wawasan secara luas karena mencakup materi pembelajaran yang beragam. Penyampaian materi yang beragam dibutuhkan penggunaan model pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan keaktifan belajar sejarah. Penulis menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition (AIR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetion (AIR) terhadap keaktifan belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lamongan. Dilihat dari hasil angket sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada masing-masing subjek baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis hasil uji eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimen semu atau Quasi Experiment bentuk desain non equivalent control group design dimana kelompok grup eksperimen dan kelompok kontrol diseleksi tanpa prosedur penempatan acak. Kedua kelompok tersebut sama-sama diberikan angket namun hanya kelompok eksperimen saja yang diberikan perlakuan. Hasil penelitian dapat diukur melalui pretest yang dilakukan sebelum diberi perlakuan dan posttest melalui soal yang dilakukan setelah diberi perlakuan kemudian membandingkan hasil dari pretest dan posttest apakah terdapat pengaruh terhadap keaktifan belajar sejarah siswa. Hasil dari penelitian ini menujukkan adanya pengaruh dari model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition (AIR) terhadap keaktifan belajar sejarah yang berdasarkan hasil uji Paired Sample T Test yang mana hasil signifikansi (Sig) sebesar 0 000 lt 0 05 sehingga Ho diterima Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317918

Actions (login required)

View Item View Item