Oktiana, Eliva Diah (2024) Pengaruh strategi three stage fishbowl decision (tsfd) terhadap hasil belajar sejarah materi manusia purba pada siswa Kelas x di SMK Negeri 1 Singgahan / Eliva Diah Oktiana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Terdapat permasalahan hasil belajar siswa dan strategi pembelajaran TSFD memiliki keunggulan menumbuhkan suasana menyenangkan hingga mendorong siswa berpikir kritis dan aktif sehingga mempengaruhi hasil belajar. Tulisan ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran TSFD terhadap hasil belajar sejarah pada materi kehidupan manusia purba kelas X di SMK Negeri 1 Singgahan. Metode yang digunakan dalam penelitian berupa metode kuantitatif quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Partisipan adalah siswa kelas X SMKN 1 Singgahan. Kelas X DKV 1 dan DKV 2 adalah sampel yang digunakan dan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan masukan dari guru dan nilai rata-rata. Data yang dikumpulkan diuji prasyarat dan hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar post-test pada kelas eksperimen sebesar 86.6 sedangkan hasil belajar post-test pada kelas kontrol sebesar 74.4. Dengan perbedaan nilai yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat dari nilai post-test menunjukkan bahwa strategi pembelajaran TSFD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi manusia purba di SMKN 1 Singgahan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/317900 |
Actions (login required)
View Item |