Analisis faktor-faktor motivasi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Tulungagung untuk memilih program studi di Perguruan Tinggi Negeri / Dewi Rianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor motivasi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Tulungagung untuk memilih program studi di Perguruan Tinggi Negeri / Dewi Rianti

Rianti, Dewi (2009) Analisis faktor-faktor motivasi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Tulungagung untuk memilih program studi di Perguruan Tinggi Negeri / Dewi Rianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi untuk mendapatkan suatu pekerjaan akan membuat individu berusaha dengan kemampuan yang dimiliki untuk mendapatkan jabatan dalam pekerjaan tersebut. Dengan demikian individu termotivasi melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka memenuhi keinginannya sehingga keinginan terhadap suatu jenis pekerjaan merupakan salah satu prasarat yang penting dalam belajar. Dengan berkembangnya IPTEK yang semakin pesat dewasa ini menuntut dunia pendidikan harus terampil dan kreatif dalam meningkatkan kemampuannya untuk menghasilkan mutu pendidikan yang berkualitas. Untuk mencapai kualitas pendidikan tersebut seyogyanya perlu langkah-langkah konkrit yang dapat mempermudah seseorang belajar diberbagai tempat tingkat atau jenjang pendidikan. Faktor utama yang perlu menjadi pertimbangan adalah menyesuaikan minat dan bakat dari siswa sendiri. Tidak ada seseorang yang berhasil apabila bertentangan dengan minat dan bakatnya. Orang lain dapat mempengaruhi antara lain orang tua tapi dari siswa sendiri yang menentukan pilihan program studi yang akan diambil. Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah siswa mencari informasi sebanyak-banyaknya sebagai bahan pertimbangan memilih program studi. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) faktor-faktor motivasi apa saja yang menjadi pertimbangan siswa SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung dalam memilih program studi di perguruan tinggi negeri (2) faktor apa yang paling dominan dipertimbangkan oleh siswa SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung dalam memilih program studi di perguruan tinggi negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui faktor-faktor motivasi yang menjadi pertimbangan siswa SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung dalam memilih program studi di perguruan tinggi negeri (2) mengetahui faktor motivasi yang paling dominan dipertimbangkan oleh siswa SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung dalam memilih program studi di perguruan tinggi negeri. Penelitian ini dirancang menggunakan metode analisis faktor eksploratorik. Metode ini bertujuan menemukan faktor-faktor baru hasil rotasi faktor-faktor yang telah ada. Populasi penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 2527 siswa. Sampel dari penelitian berjumlah 97 siswa yang berpedoman pada keterwakilan anggota populasi sehingga diupayakan dapat menggambarkan keadaan populasi yang sebenarnya. Untuk itu teknik pengambilan sampelnya menggunakan systematic and proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disusun dalam butir-butir pernyataan berjumlah 68 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis deskriptif menggunakan program komputer SPSS (Statistical Package for The Social Sciences) for Windows Version 15.0. Hasil penelitian ini menunjukkan pembentukan faktor-faktor baru hasil dari analisis faktor. Faktor-faktor tersebut adalah (1) kelompok faktor pengembangan potensi merupakan faktor paling dominan untuk menggambarkan tentang motivasi siswa SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung dalam memilih program studi di perguruan tinggi negeri di antaranya adalah kesempatan mengembangkan kecerdasan bakat minat dan cita-cita mereka pada jurusan yang mereka pilih (2) kelompok faktor kesiapan belajar merupakan tinjauan tentang faktor kesiapan belajar siswa berupa adanya dukungan dari pengalaman belajar siswa di SMA sebagai bekal belajar pada tingkat yang lebih tinggi (3) kelompok faktor stimulan belajar merupakan tinjauan tentang faktor yang dapat menstimulus semangat siswa dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi negeri pada program studi yang mereka pilih (4) kelompok faktor biaya pendidikan merupakan tinjauan tentang faktor biaya yang dikeluarkan oleh orang tua selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini saran yang dikemukakan oleh penulis bahwa hendaknya para kepala sekolah dan staf pengajar (guru-guru) SMA negeri di Tulungagung memberikan pandangan dan pengalamannya yang bertujuan untuk memudahkan para siswa tersebut dalam memilih program studi di perguruan tinggi negeri. Lain dari pada itu para siswa SMA negeri se-Tulungagung disarankan agar tidak sekedar ikut-ikutan teman tetapi harus dipertimbangkan dengan baik sesuai keinginan dan kebutuhannya berdasarkan kemampuan diri (minat bakat cita-cita) dan keluarganya (dukungan dan ketersediaan biaya). Bagi pihak program studi di Perguruan Tinggi Negeri hendaknya memiliki dan memfasilitasi apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh siswa SMA pada program studi yang ditawarkan kepada mereka. Sedangkan bagi peneliti lain hendaknya melakukan kajian terhadap penelitian dengan cara menguji kebenaran hasil penelitian. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa apabila ternyata faktor-faktor tersebut benar-benar merupakan keinginan dan kebutuhan siswa SMA negeri se-Tulungagung maka sepatutnya menempatkan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi yang memperkaya wawasan teori motivasi belajar di perguruan tinggi. Sebaliknya apabila ternyata faktor-faktor tersebut tidak benar maka sebaiknya disanggah dengan mengemukakan teori baru atau teori lainnya sebagai suatu faktor yang memotivasi siswa SMA untuk memilih program studi di Perguruan Tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3179

Actions (login required)

View Item View Item