Pengembangan media pembelajaran website interaktif ‘ruang sejarah’ materi organisasi pergerakan nasional tahun 1908-1926 untuk siswa kelas xi ips sman 1 sumberpucung / Riski Aldi Febrian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran website interaktif ‘ruang sejarah’ materi organisasi pergerakan nasional tahun 1908-1926 untuk siswa kelas xi ips sman 1 sumberpucung / Riski Aldi Febrian

Febrian, Riski Aldi Febrian (2024) Pengembangan media pembelajaran website interaktif ‘ruang sejarah’ materi organisasi pergerakan nasional tahun 1908-1926 untuk siswa kelas xi ips sman 1 sumberpucung / Riski Aldi Febrian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media Pembelajaran adalah alat bantu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran. Pada proses penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti didasari oleh analisis potensi serta masalah yang ada di SMAN 1 Sumberpucung terkhusus kelas XI IPS. Dalam perihal potensi yang ada di SMAN 1 Sumberpucung yakni sudah menerapkan Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaranya kemudian fasilitas di SMAN 1 Sumberpucung sudah sangat amat memadai seperti adanya akses wifi serta dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Sumberpucung siswa-siswinya diperbolehkan untuk membawa smartphone. Masalah yang ditemukan ada di SMAN 1 Sumberpucung khususnya kelas XI IPS yakni penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran sejarah masih belum dilakukan dengan efektif kemudian dalam proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru masih menggunakan media pembelajaran seperti LKS serta media powerpoint pemahaman siswa mengenai organisasi pergerakan nasional masih kurang. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran website interaktif lsquo Ruang Sejarah rsquo mengenai materi organisasi pergerakan nasional tahun 1908-1926 untuk siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sumberpucung. Kemudian tujuan berikutnya yakni untuk menguji kelayakan produk media pembelajaran website interaktif lsquo Ruang Sejarah rsquo materi organisasi pergerakan nasional tahun 1908-1926 untuk siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sumberpucung pada segi materi dan media. Media pembelajaran website interaktif lsquo Ruang Sejarah rsquo ini menggunakan metode penelitian dari sugiyono yakni dengan 10 langkah berupa (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi massal. Dalam proses penelitian ini peneliti memilih metode dari Sugiyono dengan 10 langkah ini adalah metode ini dianggap lebih sistematis serta dapat mencangkup keseluruhan proses dalam pengembangan penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Media pembelajaran website interaktif lsquo Ruang Sejarah rsquo materi organisasi pergerakan nasional tahun 1908-1926 ini mendapatkan nilai validasi materi sebesar 88 % kemudian uji validasi ahli media mendapatkan nilai sebesar 92 % dan validasi guru sejarah sebesar 80%. Pada uji coba kelompok kecil didapatakan nilai sebesar 88% dan untuk uji coba kelompok besar mendapatkan nilai sebesar 92%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwasanya media pembelajaran website interaktif lsquo Ruang Sejarah rsquo layak digunakan untuk pembelajaran di kelas XI IPS SMAN 1 Sumberpucung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317890

Actions (login required)

View Item View Item