Persepsi siswa terhadap tokoh mbah sayyid arif segoropuro dalam pembelajaran sejarah lokal untuk kelas x-8 sman 1 grati kabupaten pasuruan / LAILATUL FITRIYAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa terhadap tokoh mbah sayyid arif segoropuro dalam pembelajaran sejarah lokal untuk kelas x-8 sman 1 grati kabupaten pasuruan / LAILATUL FITRIYAH

Fitriyah, Lailatul Fitriyah (2024) Persepsi siswa terhadap tokoh mbah sayyid arif segoropuro dalam pembelajaran sejarah lokal untuk kelas x-8 sman 1 grati kabupaten pasuruan / LAILATUL FITRIYAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriyah Lailatul. 2023. Persepsi Siswa terhadap Tokoh Mbah Sayyid Arif Segoropuro dalam Pembelajaran Sejarah Lokal untuk Kelas X-8 SMAN 1 Grati Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Departemen Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Najib Jauhari S.Pd M.Hum. Kata Kunci persepsi Mbah Sayyid Arif Segoropuro sejarah lokal pembelajaran sejarah. Persepsi merupakan salah satu aspek penting bagaimana manusia bereaksi terhadap suatu gejala di sekitarnya. Persepsi memiliki arti yang cukup luas. Persepsi dapat diartikan sebagai pandangan seseorang terhadap suatu objek. Dalam penelitian ini berhubungan dengan persepsi siswa terhadap tokoh Mbah Sayyid Arif Segoropuro dalam pembelajaran sejarah lokal untuk kelas X-8 SMAN 1 Grati Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini penting bagi guru untuk mengetahui terkait persepsi siswa mengenai materi tokoh Mbah Sayyid Arif Segoropuro. Selain itu dengan penelitian ini guru dapat memperkaya pembelajaran sejarah lokal untuk menciptakan ketahanan nilai kearifan lokal daerah kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap tokoh Mbah Sayyid Arif Segoropuro dalam pembelajaran sejarah lokal untuk kelas X-8 SMAN 1 Grati Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang meliputi observasi penyebaran angket wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Penelitian ini diawali pada kegiatan observasi untuk mengetahui terkait kondisi dan pembelajaran sejarah di sekolah terutama di kelas X-8 SMAN 1 Grati. Kemudian peneliti melakukan wawancara kepada guru sejarah terkait pembelajaran sejarah dalam kelas. Peneliti juga melakukan penyebaran angket secara terbuka kepada siswa dan wawancara kepada siswa yang dipilih sesuai dengan minat siswa terhadap pembelajaran sejarah untuk memperoleh informasi secara mendalam terkait persepsi siswa terhadap tokoh Mbah Sayyid Arif Segoropuro dalam pembelajaran sejarah lokal. Dalam kegiatan dokumentasi peneliti menggunakan data pendukung dari guru sejarah di kelas X-8 seperti modul ajar dan nilai siswa. Hasil penelitian ini bahwa SMAN 1 Grati sudah menerapkan kurikulum merdeka dengan mengintegrasikan sejarah lokal dalam kegiatan pembelajaran. Hal yang disiapkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran adalah perangkat pembelajaran seperti modul ajar yang berhubungan dengan materi. Pada saat proses pembelajaran guru mengajarkan materi dengan mengaitkan sejarah lokal yang terdapat di daerah sekitar. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap tokoh Mbah Sayyid Arif Segoropuro dikatakan positif. Persepsi siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu minat dalam pembelajaran sejarah pemahaman siswa fasilitas belajar masalah dalam belajarnya dan lingkungan sehingga dari hasil jawaban siswa menunjukkan terdapat perbedaan. Hal tersebut membuktikan bahwa pemahaman siswa terhadap tokoh Mbah Sayyid Arif Segoropuro berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317862

Actions (login required)

View Item View Item