Wahyuni, Rani Tri (2024) Pengembangan media pembelajaran video tour situs muara kaman (visimuka) berbasis instagram untuk Kelas x-1 SMA Negeri 1 Tenggarong seberang Kalimantan Timur / Rani Tri Wahyuni</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wahyuni Rani Tri. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tour Situs Muara Kaman (Visimuka) Berbasis Instagram untuk Kelas X-1 SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang Kalimantan Timur. Skripsi Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim M.Pd. Kata Kunci Media Visimuka Instagram. Hingga saat ini masih ditemukan berbagai masalah terkait media pembelajaran sejarah seperti hasil observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. Masalah yang temukan diantaranya adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif guru cenderung menggunakan sumber belajar buku teks sejarah rendahnya pengetahuan siswa terhadap kerajaan Hindu-Buddha di daerahnya. Namun di sisi lain SMA Negeri 1 Tenggarong seberang memiliki beberapa potensi yang dapat mendukung pengembangan media pembelajaran yaitu sarana dan prasarana sekolah mendukung koneksi internet yang memadai (wifi) siswa diperbolehkan membawa smartphone dan beberapa siswa sering menggunakan media sosial Instagram dan sudah memiliki akun pribadi. Dari beberapa masalah yang ditemukan oleh peneliti maka diperlukan pembuatan media pembelajaran inovatif yang dapat menunjang pembelajaran sejarah. Berdasarkan potensi di sekolah tersebut maka peneliti mengembangkan media pembelajaran sejarah Visimuka (Virtual Tour Situs Muara Kaman). Media pembelajaran Visimuka merupakan media pembelajaran audio-visual yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran Visimuka. Dimana media tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu media pembelajaran inovatif dalam mendukung pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. Untuk menguji kelayakan media Visimuka pada siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. Dari kedua tujuan penelitian tersebut dapat menjadi pondasi penelitian pengembangan yang dilakukan. Visimuka merupakan media pembelajaran yang berbentuk video dan diunggah di media sosial Instagram pada fitur reels. Media pembelajaran Visimuka dikembangkan menggunakan aplikasi InShot. Materi yang disajikan dalam media pembelajaran Visimuka adalah tentang Situs Muara Kaman Kerajaan Kutai. Berdasarkan pada Capaian Pembelajaran Fase E yaitu siswa diharapkan mampu memahami konsep sejarah melalui kunjungan langsung serta mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai peristiwa sejarah di Indonesia salah satunya adalah kerajaan Hindu-Buddha. Media pembelajaran Visimuka dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima langkah pelaksanaan penelitian pengembangan yaitu Analyze (menganalisis) Design (merancang) Develop (mengembangkan) Implement (melaksanakan) dan Evaluate (mengevaluasi). Media pembelajaran Visimuka merupakan media berbentuk video yang dibuat menggunakan aplikasi InShot dan diunggah di media sosial Instagram. Terdapat enam konten yang disajikan dalam media pembelajaran Visimuka dengan masing-masing video berdurasi kurang lebih 30-60 detik. Pengambilan video untuk pengembangan media pembelajaran Visimuka dilakukan oleh peneliti dengan cara mengunjungi langsung Situs Muara Kaman. Media pembelajaran Visimuka memiliki keunggulan yaitu video yang diambil secara orisinal dan media pembelajaran yang dapat digunakan berulang kali . Penelitian pengembangan media pembelajaran Visimuka telah melalui validasi materi yang memiliki hasil sebesar 97 9 % termasuk dalam kriteria sangat valid. Selanjutnya media pembelajaran Visimuka juga telah melalui validasi media dengan hasil termasuk kriteria sangat valid yaitu sebesar 94 3 %. Kemudian tahap selanjutnya adalah uji coba kelayakan media pembelajaran Visimuka yang dilakukan dua kali. Pertama uji coba kelompok kecil yang termasuk dalam kriteria sangat layak dengan hasil sebesar 88 9 % uji coba kedua dilakukan dengan kelompok besar dengan hasil 92 1 % termasuk kriteria sangat layak. Selanjutnya media pembelajaran Visimuka dapat dijadikan sebagai penunjang pembelajaran tentang Situs Muara Kaman.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/317842 |
Actions (login required)
View Item |