Perbedaan hasil belajar sejarah antara siswa yang menggunakan media video animasi dengan video dokumenter pada materi peristiwa Rengasdengklok. / Imam Andri Anta</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar sejarah antara siswa yang menggunakan media video animasi dengan video dokumenter pada materi peristiwa Rengasdengklok. / Imam Andri Anta</p>

Anta, Imam Andri (2023) Perbedaan hasil belajar sejarah antara siswa yang menggunakan media video animasi dengan video dokumenter pada materi peristiwa Rengasdengklok. / Imam Andri Anta</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai jenis media video dalam proses pembelajaran media video yang sesuai dengan pembelajaran sejarah pada saat ini adalah media video animasi dan video dokumenter. Alasan dipilihnya kedua jenis video tersebut adalah isi dari kedua media tersebut memberikan motivasi kepada siswa siswa mempermudah siswa dalam menambah informasi dan menyajikan informasi yang berasal dari sumber terpercaya sehingga memudahkan pemahaman dan menyimpulkan informasi. Selain itu media video animasi dan dokumenter sesuai dengan pembelajaran sejarah sekarang ini karena dapat memicu imajinasi untuk membayangkan kejadian kronologis sejarah yang dipelajari oleh siswa serta memperjelas penyampaian isi materi yang telah disampaikan oleh guru. Perbedaan yang terdapat pada kedua video adalah bentuk pembuatan video animasi yang bersumber dari beberapa gambar yang yang disatukan sehingga gambar tersebut diputar secara statis dan tidak terlihat seperti gambar terpisah. Sedangkan media video dokumenter disajikan dengan bersumber dari tayangan atau gambar berdasarkan peristiwa dan kronologi yang sebenarnya yang dikemas dalam materi tertentu. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian berupa quasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian quasi eksperimen menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Tahapan penelitian ini diawali dari menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan rata-rata PAS semester ganjil. Setelah ditentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian diberikan perlakuan berupa menampilkan media video animasi pada kelas eksperimen dan video dokumenter pada kelas kontrol sehingga ditemukan hasil belajar terhadap setiap kelas yang telah diberikan. Hasil belajar sejarah pada rata-rata nilai pretest terhadap kelas eksperimen sebesar 64 75 dan nilai posttest sebesar 79 75 dengan signifikasi sebesar 0 01. Kemudian pada rata-rata nilai pretest terhadap kelas kontrol sebesar 56 dan nilai posttest sebesar 61 5 dengan signifikasi sebesar 0 053. Pada Gain Score penggunaan video animasi rata-ratanya adalah 47 01 sedangkan pada gain score penggunaan video dokumenter rata-ratanya adalah 13. Hasil uji hipotesis pada gain score dari penggunaan video animasi dan dokumenter adalah sebesar sig. (2-tailed) 0 101. Dari hasil uji hipotesis gain score terhadap hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan video animasi dan dokumenter menyatakan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak dengan kesimpulan bahwa ldquo tidak terdapat perbedaan antara siswa yang menggunakan media video animasi dan dokumenter rdquo

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:29
Last Modified: 24 Sep 2024 08:44
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317825

Actions (login required)

View Item View Item