Jaringan perniagaan rempah hitu dan kajian potensi pembelajaran sejarah dalam kurikulum merdeka untuk jenjang smk / PRIVERA AJENG ERSANDA - Repositori Universitas Negeri Malang

Jaringan perniagaan rempah hitu dan kajian potensi pembelajaran sejarah dalam kurikulum merdeka untuk jenjang smk / PRIVERA AJENG ERSANDA

Ersanda, Privera Ajeng Ersanda (2023) Jaringan perniagaan rempah hitu dan kajian potensi pembelajaran sejarah dalam kurikulum merdeka untuk jenjang smk / PRIVERA AJENG ERSANDA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini membahas mengenai jaringan perniagaan rempah Hitu dan kajian potensi pembelajaran sejarah dalam Kurikulum Merdeka untuk jenjang SMK. Penulisan kajian ini menggunakan metode studi pustaka dengan melakukan pengkajian terhadap berbagai literatur baik berupa artikel buku jurnal ilmiah dan penelitian terdahulu yang relevan dengan topik yang akan dikaji. Hasil dari penulisan kajian ini adalah Kepulauan Maluku telah dikenal sebagai jaringan perniagaan di Nusantara. Tumbuhnya jaringan perniagaan rempah Hitu berkaitan dengan terciptanya interaksi dan konektivitas dengan para pedagang lokal dan asing. Memiliki letak yang strategis Pulau Ambon menjadi tempat singgah perahu dan kapal sekaligus pasar perniagaan rempah. Hal tersebut karena wilayah pesisir Ambon menghubungkan pelabuhan atau bandar di Kepulauan Maluku yang membentuk jaringan lokal bagi aktivitas perniagaan dengan komoditi utama cengkeh dan pala. Dengan semakin ramainya Hitu maka mendorong terbentuknya suatu kerajaan yang dikenal dengan Kerajaan Tanah Hitu dan dibentuk oleh Empat Perdana. Kedatangan Portugis ke Hitu pada awalnya tidak memunculkan pengaruh buruk namun seiring berjalannya waktu terdapat perbedaan kepentingan yang membuat Portugis terusir dari Hitu. Kemudian pada akhir abad ke 16 kedatangan Portugis disusul oleh Belanda dan pada tahun 1605 berhasil menundukkan Portugis serta menguasai Ambon. Sebagai upaya mencapai tujuan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka guru mata pelajaran sejarah SMK dituntut harus mampu mendesain pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media dan model pembelajaran yang menunjang penerapan Kurikulum Merdeka yakni media pembelajaran berbasis digital dan model pembelajaran berbasis projek. Sehingga tujuan penulisan kajian ini dilakukan untuk mendesain pembelajaran sejarah yang inovatif dan kreatif serta diharapkan dapat mewujudkan penerus bangsa yang terdidik dan mampu bersaing secara global guna memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317806

Actions (login required)

View Item View Item