Nurjanah, Trisna Dwi Silvia Nurjanah (2023) Implementasi kecakapan abad 21 dalam matapelajaran sejarah di smk negeri 6 malang / Trisna Dwi Silvia Nurjanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan pada dasarnya adalah hal wajib di zaman sekarang ini. Dimana pendidikan menjadi patokan untuk melaksanakan banyak hal mulai dari pekerjaan dan banyak hal lainnya. Pendidikan sejarah khususnya pada masa sekarang harus disadari pentingnya dimana dari belajar sejarah manusia akan belajar banyak hal mulai dari menghargai masa lalu belajar untuk masa kini dan menyiapkan diri untuk masa kedepan. Dengan belajar sejarah manusia bisa menyikapi semua hal yang terjadi dengan hal yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran sejarah di SMK Negeri 6 Malang. Kemudian mengetahui implementasi penumbuh kembangan kecakapan abad 21 terhadap pembelajaran sejarah dan faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif subyek penelitian ini ialah guru Sejarah SMK Negeri 6 Malang pihak sekolah siswa-siswi SMK Negeri 6 Malang dari kelas X Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian membahas mengenai bagaimana pelaksanaan aspek kecakapan abad 21 mulai dari berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving) komunikasi (communication) kreativitas dan inovasi (creativity and innovation) dan kolaborasi (collaboration) di SMK Negeri 6 dan difokuskan untuk pembahasan mengenai bagaimana pelaksanaan kecakapan abad 21 dalam matapelajaran sejarah dan juga mengenai faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat selama pelaksanaan. Dimana empat aspek tersebut merupakan hal yang penting untuk di pelajari dan di kembangkan bagi saat ini maupun untuk kehidupan di dunia kerja maupun jenjang selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi kecakapan abad 21 dalam matapelajaran Sejarah di SMK Negeri 6 Malang terlaksana dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Pelaksanaan komponen-komponen kecakapan abad 21 mulai dari berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving) komunikasi (communication) kreativitas dan inovasi (creativity and innovation) dan kolaborasi(collaboration) terlaksana dengan pelaksanaan yang berbeda dari ketiga guru tersebut 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kecakapan abad 21 antara lain dari fasilitas yang memadai dan lingkungan sekolah yang mendukung pelaksanaan Outing Class. Kemudian dari faktor penghambat adalah fasilitas yang tidak dapat digunakan secara maksimal karakteristik kelas yang berbeda dan kekurangan guru matapelajaran Sejarah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/317801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |