Hubungan antara motivasi memilih sekolah dan prestasi belajar siswa kelas XII di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Malang / Siti Rofi'atul Islamiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara motivasi memilih sekolah dan prestasi belajar siswa kelas XII di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Malang / Siti Rofi'atul Islamiyah

Islamiyah, Siti Rofi'atul (2009) Hubungan antara motivasi memilih sekolah dan prestasi belajar siswa kelas XII di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Malang / Siti Rofi'atul Islamiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi dapat dikatakan sebagai daya penggerak atau daya pendorong yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan suatu hal dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. Motivasi dibagi menjadi dua golongan yaitu yang pertama adalah motivasi intrinsik yang merupakan motivasi yang berasal dari dalam individu itu sendiri. Motivasi yang kedua yaitu motivasi ekstrinsik yang merupakan motivasi yang berasal dari luar diri individu. Motivasi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru yang diberikan kepada peserta didiknya. Motivasi merupakan salah satu kegiatan penunjang proses belajar mengajar dan motivasi juga digunakan sebagai alat untuk pencapaian suatu tujuan. Hal tersebut sesuai dengan tujuan manajemen peserta didik yaitu mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik agar kegiatan tersebut dapat menunjang proses belajar mengajar sehingga dapat berjalan dengan lancar dan teratur sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik. Prestasi berkaitan dengan hasil belajar atau hasil evaluasi guru terhadap peserta didiknya dalam kurun waktu tertentu yang digunakan untuk mengetahui perkembangan yang terjadi pada peserta didiknya. Dalam belajar motivasi memegang peranan yang sangat penting terutama intensitas belajar siswa karena motivasi adalah sebagai pendorong siswa dalam belajar. Sehingga motivasi tidak bisa dipisahkan dari aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat motivasi yang dimiliki oleh siswa dan tingkat prestasi belajar siswa tersebut serta untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi yang dimiliki siswa dan prestasi belajar yang dicapai oleh siswa. Tujuan tersebut berdasarkan rumusan masalah yang akan dibahas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas (X) yaitu motivasi dan variabel terikat (Y) yaitu prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan di SMKN 4 Malang dengan populasinya adalah siswa kelas XII yang berjumlah 641 siswa dengan sampel yang diambil sebanyak 128 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik tersebut digunakan karena di sekolah tersebut terdapat beberapa program keahlian sehingga pada setiap program keahlian diambil sebagian secara acak untuk dipilih sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket sedangkan perhitungan validitas dan reliabilitasnya dengan sistem komputerisasi melalui program SPSS 12.00 for Windows. Berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh hasil dari 23 item terdapat 3 item yang tidak valid sehingga jumlah item yang digunakan dalam penelitian sebanyak 20 item. Hasil dari penelitian ini adalah motivasi yang dimiliki oleh siswa rata-rata memiliki motivasi yang sedang sedangkan motivasi yang paling dominan adalah motivasi intrinsik yang terdiri dari beberapa indikator yaitu mengembangkan bakat keaktifan dalam proses belajar mengajar ketertarikan terhadap mata pelajaran dan harapan. Prestasi yang diraih oleh siswa rata-rata yang tinggi. Dari hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan juga bahwa motivasi yang dimiliki siswa memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi yang diraih siswa. Dari hasil penelitian yang ada penulis memberikan masukan bagi para guru di SMKN 4 Malang agar lebih peduli dan peka terhadap motivasi yang dimiliki oleh siswa karena dengan kepedulian tersebut maka guru bisa dengan mudah membuat siswa lebih tertarik untuk ikut dan aktif dalam kegiatan proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3178

Actions (login required)

View Item View Item